Polri Sebut Situasi di Wamena Papua Sudah Kondusif

PERISTIWA | 8 Oktober 2019 16:45 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Polri menyebut situasi di Wamena, Papua sudah kondusif. Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra mengatakan, aktivitas di daerah tersebut sudah berjalan normal pasca-kerusuhan.

"Wamena sampe detik ini alhamdulillah bapak Kapolda Papua beliau sangat aktif mengunjungi semua komponen-komponen yang ada di masyarakat. Bahkan saat sekarang ini sekolah, sentra ekonomi semua sudah berjalan dengan baik," kata Asep saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (8/10).

Meski begitu, 6000 aparat TNI-Polri terus bersiaga di daerah tersebut. Pihaknya terus menjaga kewaspadaan.

"Upaya-upaya pemulihan sudah dilakukan. Namun demikian tetap kewaspadaan itu tetap baik TNI maupun Polri terus menjaga keutuhan keamanan disana ada 6000 personel gabungan untuk menjaga disana," tandasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua menyebut sebanyak 1.010 unit rumah, kantor, dan kendaraan dibakar maupun dirusak saat kerusuhan di Wamena pada 23 September lalu.

Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua mengatakan jumlah itu sudah termasuk kios serta ruko milik warga. "Perumahan, kios, ruko dan kantor pemerintah itu sekitar 787 unit," kata Jhon dilansir dari Antara, Minggu (6/10).

Sementara terkait kendaraan roda dua dan roda empat, jumlahnya masing-masing sebanyak 122 untuk mobil dan 101 unit sepeda motor.

Baca juga:
SETARA Institute Bandingkan Jokowi dan SBY Soal Konflik di Papua
Bertemu Warga di Wamena, Wiranto Ajak Bangun Kembali Persaudaraan
Menteri PUPR: Pembangunan di Wamena Dibantu TNI Agar Aman dan Cepat
Bupati Jayawijaya: Aliran Listrik di Wamena Sudah Pulih 100 Persen
Pemerintah Targetkan Pembersihan Bangunan Pasca-Kerusuhan Wamena 2 Minggu

(mdk/ray)