Polri: Siaga 1 Hanya untuk Petugas, Masyarakat Silakan Beraktivitas

PERISTIWA | 22 Mei 2019 12:37 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Polri memberlakukan status pengamanan Ibu Kota Jakarta masuk siaga 1 usai pengumuman Pemilu 2019 dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Namun Polri mempersilakan masyarakat melakukan aktivitas seperti biasa.

"Saya sampaikan status siaga 1 itu hanya untuk petugas. Kepada masyarakat lakukan kegiatan rutin sebagaimana biasanya," kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Mochammad Iqbal di Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (22/5).

Akan tetapi, Iqbal meminta masyarakat hendak melakukan aktivitas di Ibu Kota menghindari ruas jalan Jenderal Sudirman maupun Muhammad Husni Thamrin. Sebab, area ini menjadi titik sentral massa melakukan aksi demonstrasi menolak hasil rekapitulasi Pemilu 2019.

"Kami juga, tapi kami imbau kepada masyarakat jauhi ruas jalan karena di sini adalah pusatnya Thamrin Sudirman akses ke lokasi ini. Karena itu dampak kemacetan dan kita tidak tahu hari ini ada insiden atau damai. Kita doakan damai," ujar dia.

Seperti diketahui, sejak Selasa (21/5) siang massa menolak hasil rekapitulasi Pemilu 2019 melakukan unjuk rasa di depan kantor Bawaslu. Aksi damai itu berlangsung hingga pelaksanaan salat taraweh di depan kantor Bawaslu.

Namun kericuhan berujung bentrokan terjadi saat polisi berjaga membubarkan massa di depan kantor Bawaslu. Kericuhan terjadi hingga Rabu (22/5) dini hari.

Situasi di depan Bawaslu saat ini sudah kondusif. Massa yang hendak melakukan aksi demonstrasi mulai kembali berkumpul di depan kantor Bawaslu.

Dari hasil penyelidikan sementara polisi, massa yang terlibat bentrok dengan aparat merupakan kelompok bayaran. Hal itu setelah ditemukan sejumlah indikasi seperti ambulans berisi batu serta amplop berisi uang.

Reporter: Putu Merta Surya Putra
Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Beroperasi Normal, Blue Bird Minta Pengemudi Utamakan Keselamatan
Amankan 99 Pelaku Rusuh di Flyover Slipi, Polisi Cium Bau Alkohol
TNI Redam Massa Aksi 22 Mei
Foto dan Kisah Menyentuh Hati di Tengah Demo 22 Mei soal Pemilu 2019
Polisi Amankan Ambulans Berlogo Partai Berisi Batu & Amplop Usai Ricuh di Petamburan
Dibantu TNI, Polisi Pukul Mundur Massa di Petamburan ke Arah Jati Baru
Polisi Tegaskan Kabar Brimob Sipit dari China Hoaks

(mdk/gil)

BERI KOMENTAR
Join Merdeka.com