Pondok Pesantren Nur Inka Nusantara Madani Bakal Dibangun di Amerika

PERISTIWA | 17 Januari 2020 04:34 Reporter : Tri Yuniwati Lestari

Merdeka.com - Nusantara Foundation dan Pesantren Nur Inka Nusantara Madani berencana akan membangun pondok pesantren Nur Inka Nusantara Madani di kota Moodus Connecticut, Amerika Serikat.

Disampaikan Imam Islamic Center of New York Imam Shamsi Ali bahwa pembangunan masjid di tanah seluas 7,5 hektar akan mulai dibangun pada bulan Juni 2020, dengan estimasi waktu dua tahun proses pembangunan masjid dan pesantren.

"InsyaAllah jika Allah mudahkan, proses peletakan batu pertama pembangunan Masjid di area pesantren akan dimulai pada bulan Juni 2020. Saat ini sudah ada 4 gedung yang sudah rampung direnovasi," ucap Imam Shamsi di hotel Grandhika, Jakarta Selatan, Kamis (16/1).

Imam Shamsi mengatakan bahwa desain Masjid dan master plan Pesantren Nur Inka Nusantara Madani telah selesai didesain oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan team Urbane Indonesia.

"Saya pribadi secara khusus meminta pada teman saya Ridwan Kamil yang mendesain karena kedekatan persaudaraan dan karena beliau pernah tinggal di sana," sambungnya.

Di lokasi yang sama Tim dari Ridwan Kamil, Angga Latif mengatakan bahwa desain dari pesantren dan masjid yang akan dibangun nantinya akan menggambarkan wajah Indonesia.

"Pertama waktu diminta, yang ada dibenak kita yang mau ditunjukan dari masterplan itu ke indonesian, terpikir seperti archipelago jadi akan kita buat seperti taman mini kecil di sana," ucap Angga.

Imam Shamsi sendiri mengatakan akan ada sudut di tempat pesantren itu yang akan dibuat untuk masyarakat Amerika yang ingin menjadi mualaf.

Dalam proses pembuatannya Nusantara Foundation mengadakan penggalangan dana karena adanya target yang belum dicapai yaitu sebesar $18,750, dan dana itu dikumpulkan sampai April 2020. (mdk/gil)

Baca juga:
Cerita Santriwati Hafalkan 30 Juz Alquran Dalam Waktu 1,5 Bulan
Jalankan UU Pesantren, Menag akan Koordinasi dengan Mendikbud
Kementerian Agama Temukan Dua Pesantren Berpotensi Terpapar Radikalisme
Pospenas 2019 Melombakan 6 Cabang Olahraga dan Stand Up Comedy
Pemerintah Gandeng Bukalapak Tingkatkan Wirausaha Digital
Bank Indonesia Inisiasi Pembentukan Holding Pesantren
BI Dorong Pesantren untuk Go Digital

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.