Ponpes Az-Zikra Siapkan Proses Pemakaman Ustaz Arifin Ilham, Pelayat Berdatangan

PERISTIWA | 23 Mei 2019 16:04 Reporter : Radeva Pragia Bempah.

Merdeka.com - Sebuah liang lahat telah dipersiapkan oleh para pengurus Pondok Pesantren (Ponpes) Az-Zikra, Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Kamis (23/5/2019).

Liang lahat tersebut akan digunakan untuk mengebumikan jenazah Ustaz Arifin Ilham yang meninggal Rabu (22/5/2019) malam di Penang, Malaysia, akibat penyakit kelenjar getah bening yang dideritanya.

Meski jenazah sang ustaz belum datang ke lokasi pemakaman, namun sejumlah pelayat dari berbagai daerah terus berdatangan.

Mayoritas para pelayat yang datang mengenakan pakaian serba putih. Mereka ingin mendoakan agar semua amal-amal almarhum semasa hidupnya diterima Allah SWT.

Terlihat, beberapa pengurus pondok pesantren masih disibukkan mendirikan tenda-tenda di lokasi galian makam.

Jenazah pimpinan Majelis Az-Zikra itu akan dipulangkan dari Penang, Malaysia, hari ini. Rencananya, jenazah almarhum akan disalatkan di dua tempat, yakni di Pondok Pesantren Az-Zikra Sentul dan Az-Zikra Gunung Sindur.

Tak banyak yang bisa diceritakan oleh pengurus Pondok Pesantren Az- Zikra Gunung Sindur mengenai meninggalnya Arifin Ilham. Mereka masih disibukkan untuk menyiapkan proses pemakaman sang ustaz.

Meski begitu, raut wajah kesedihan mereka tak dapat ditutupi. Begitu juga dengan para pelayat yang sudah datang sejak pagi tadi.

Salah satu jemaah pengajian Az-Zikra, Endang mengaku sangat bersedih. Bagi Endang, almarhum adalah sosok ulama yang mampu memberi pencerahan.

Endang mengaku sempat tak percaya atas kabar awal yang diterimanya soal meninggalnya ustaz. "Iya, sempat nggak percaya. Tapi setelah banyak yang ngasih tau, baru saya percaya," ucap Endang, saat ditemui di lokasi pemakaman.

Hal yang sama juga dirasakan jemaah lainnya, Anti (49). Bagi warga asal Slipi, Jakarta Barat ini, ia kehilangan sosok ulama yang Istiqomah.

Anti mengatakan, pertama kali mengenal sosok Ustaz Arifin Ilham pada tahun 2010. Ketika itu, ia menghadiri kegiatan zikir di Masjid Az-Zikra yang berada di Sentul, Kabupaten Bogor.

Setelah itu, ia kemudian terus mengikuti berbagai kegiatan yang ada di Masjid Az-Zikra, mulai dari pengajian hingga mendengar ceramah-ceramah Ustaz Arifin Ilham.

"Senang aja kalau denger ceramahnya, banyak ilmu yang didapat. Semalam itu pas dapat kabar meninggal, saya mau datang ngelayat ke tempat beliau," sebut dia.

Ustaz Muhammad Arifin Ilham meninggal dunia di Malaysia, Rabu (22/5/2019) malam.

Informasi awal kabar duka ini berasal dari akun @alvin_411 di Instagram. Ini merupakan akun milik Alvin Faiz, putra Arifin Ilham.

Ustaz Arifin Ilham berada di Malaysia untuk menjalani pengobatan. Sempat naik turun kondisinya, Arifin Ilham menderita kanker getah bening.

Baca juga:
Kenang Ustaz Arifin Ilham, Arie Untung Berharap Bisa Berkuda Bersama di Surga
Pada Putra Sulungnya, Ustaz Arifin Ilham Titipkan Pesantren Az-Zikra
Sederet Artis Sampaikan Duka Cita untuk Kepergian Ustaz Arifin Ilham
Tulisan Terakhir Ustaz Arifin Ilham Sebelum Wafat. 'Bismillah Berjumpa dengan Allah'
Ini Wasiat Ustaz Arifin Ilham Sebelum Meninggal Dunia

(mdk/bal)