Pospenas 2019 Melombakan 6 Cabang Olahraga dan Stand Up Comedy

PERISTIWA | 22 November 2019 10:17 Reporter : Yunita Amalia

Merdeka.com - Menteri Agama Fahrul Razi secara simbolik membuka pelaksanaan pekan olahraga dan seni antar pesantren (Pospenas) di kantor Kementerian Agama. Pospenas akan diselenggarakan di Bandung, Jawa Barat.

Pospenas dimulai pada 25-30 November 2019 itu memperlombakan 6 cabang olahraga, yakni atletik, bola voli, pencak silat, futsal, senam santri, dan cabang olahraga lainnya.

Mantan Wakil Panglima TNI itu mengatakan peran pondok pesantren terus diperlukan di lintas zaman. Khususnya, kata dia, menangkal segala bentuk ancaman budaya.

"Pondok pesantren yang keberadaannya berbasiskan tradisi menjadi benteng dalam menghadapi segala bentuk ancaman budaya dari luar terhadap budaya lokal," kata Fahrul, Jakarta, Jumat (22/11).

Fahrul mengatakan, tema Pospenas ke-8 bertekad menanamkan rasa nasionalis kepada seluruh santri melalui perlombaan dan seni.

1 dari 1 halaman

Tanamkan Rasa Nasionalis

Menurutnya, penanaman rasa nasionalis kepada santri penting digiatkan lantaran tantangan saat ini bagi santri, notabene sebagai milenial, dianggap cukup rentan terpapar pemahaman yang tidak sejalan dengan negara.

"Generasi santri saat ini merupakan generasi milenial yang tantangan dan terpaan yang akan dihadapi sangat rentan mengganggu tantangan kehidupan bernegara dan berbangsa," kata dia.

Sementara itu, dalam Pospenas nanti juga akan melombakan stand up comedy bagi santri. Fahrul mengatakan adanya lini lomba baru, stand up comedy, bentuk alternatif bagi para santri berdakwah dengan kemasan yang ringan. (mdk/eko)

Baca juga:
Menag Fachrul Razi Belum Tahu Jumlah Penceramah untuk Tekan Radikalisme
Sambangi Pondok Pesantren Lirboyo, Menag Samakan Persepsi Tangkal Radikalisme
Menteri Agama Kesulitan Cari Jalan Keluar Kasus First Travel
VIDEO: Cegah Radikalisme, Perekrutan CPNS Diperketat
Langkah Menteri Agama Agar PNS dan CPNS Tak Terpapar Radikalisme