Potensi Cuaca Buruk, Warga Lebak Diminta Waspada Bencana

Potensi Cuaca Buruk, Warga Lebak Diminta Waspada Bencana
Banjir dan Longsor Lebak. ©2020 Doc.BNPB
NEWS | 24 Oktober 2021 23:36 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Banten, mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai cuaca buruk yang ditandai hujan lebat disertai angin kencang dan sambaran petir atau kilat.

''Kami berharap cuaca buruk itu tidak menimbulkan bencana alam," kata Kepala Pelaksana BPBD Lebak Pebby Rizky Pratama di Lebak, Minggu (24/10). Dilansir Antara.

Peluang curah hujan lebat disertai angin kencang dan kilat petir terjadi siang hingga sore hari. Masyarakat Kabupaten Lebak yang tinggal di daerah rawan bencana alam diminta meningkatkan kewaspadaan untuk mengurangi risiko kebencanaan.

Begitu juga pengemudi angkutan maupun kendaraan barang sebaiknya tidak melanjutkan perjalanan guna menghindari kecelakaan. Sebab, banyak pepohonan di sekitar tepi jalan usianya sudah tua sehingga berpotensi roboh.

"Kami minta warga dapat meningkatkan kewaspadaan menghadapi cuaca buruk itu," jelasya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir. Diperkirakan cuaca buruk tersebut terjadi di Kabupaten Lebak.

Karena itu, masyarakat yang tinggal di perbukitan dan pegunungan hingga mencapai ribuan kepala keluarga (KK) mewaspadai banjir dan longsor.

Mereka tersebar di Kecamatan Lebak Gedong, Cibeber, Panggarangan, Cigemblong, Cilograng, Leuwidamar, Cirinten dan Gunungkencana.

BPBD Lebak juga meminta masyarakat jika cuaca buruk berlangsung tidak berada di daratan rendah, pesisir pantai. Selain itu juga warga tidak berada di tanah lapang guna menghindari sambaran petir.

"Kami minta peringatan kewaspadaan itu dapat dipatuhi agar tidak menimbulkan korban jiwa," katanya menjelaskan. (mdk/noe)

Baca juga:
Gelombang Samudra Hindia Diperkirakan Capai 6 Meter, Ini Penjelasan BMKG
Kepala BMKG: Curah Hujan Meningkat 40 Persen di Jateng Dampak Fenomena La Nina
Warga Bali Rasakan Cuaca Panas Beberapa Hari Terakhir, Begini Penjelasan BMKG
Penyakit Musim Pancaroba, Waspadai Dampak Buruk dan Cara Mencegahnya
BMKG Ingatkan Potensi Gelombang Setinggi 4 Meter di Perairan Sumut-Aceh
4 Rumah Warga Rusak Akibat Angin Kencang di Bogor

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami