PPKM di Makassar Turun Level, Konsumsi Solar Meningkat

PPKM di Makassar Turun Level, Konsumsi Solar Meningkat
Antrean kendaraan di SPBU Kota Makassar. ©2021 Merdeka.com
NEWS | 18 Oktober 2021 13:21 Reporter : Ihwan Fajar

Merdeka.com - Sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kota Makassar terlihat antrean kendaraan jenis bus dan truk untuk mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis solar. Penurunan status level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Sulawesi Selatan (Sulsel) membuat konsumsi BBM jenis solar mengalami peningkatan.

Unit Manager Communication, Relation & CSR PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VII Sulawesi, Laode Syarifuddin Mursali membenarkan terjadinya antrean bus dan truk mengantre di SPBU. Dia mengatakan antrean tersebut karena peningkatan konsumsi seiring penurun level PPKM.

"Jadi sebenarnya tidak minim, kebutuhan solar saat ini lagi meningkat. Jadi memang terjadi antrean seiring dengan PPKM yang turun level, sehingga penggunaan BBM jenis ini (solar) meningkat," kata Syarifuddin saat dihubungi merdeka.com, Senin (18/10).

Ia menjelaskan mobilisasi kendaraan mulai terlihat usai penurunan level PPKM di Sulsel, khususnya Makassar. Ia menyebutkan akibat peningkatan konsumsi solar tersebut, Pertamina menambah distribusi sekitar 10 persen.

"Solar tetap ada, sekarang ini kita upayakan normalisasi distribusi. Jadi kita ada penambahan untuk normalisasi sekitar 10 persen dari biasanya," kata dia.

Meski demikian, Syarifuddin mengaku belum memegang data terbaru stok BBM, khususnya solar. Ia pun membantah langkanya solar di sejumlah daerah di Sulsel karena akan ada peralihan jenis bensin.

"Bukan, tidak ada itu (peralihan solar ke bio solar dan dexlite)," tegasnya.

Terpisah, Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Makassar, Zainal Abidin mengaku belum menerima laporan dari sopir dan pengusaha angkutan darat tentang kelangkaan BBM jenis solar. Ia mengaku hanya menerima laporan soal kelangkaan premium.

"Kalau untuk kelangkaan solar sampai saat ini belum ada laporan baik dari sopir maupun pengusaha. Yang ada itu laporan soal kelangkaan premium yang terjadi di seluruh SPBU di Sulsel," ungkapnya.

Baca juga:
Polisi Ringkus Mafia BBM Diduga Penyebab Kelangkaan Solar di Pekanbaru
Polda Sumut: BBM Langka Bukan karena Indikasi Penimbunan
Stok BBM di Medan dan Deli Serdang Kosong, Polda Sumut Panggil PT Pertamina
BBM di Sejumlah SPBU Langka, Polda Sumut Lakukan Penyelidikan
Polda Sumut Turun Tangan Selidiki Kelangkaan BBM

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami