PPKM Jawa-Bali Diperpanjang, Pegawai Wajib Pakai PeduliLindungi Mulai 7 September

PPKM Jawa-Bali Diperpanjang, Pegawai Wajib Pakai PeduliLindungi Mulai 7 September
Aplikasi PeduliLindungi. ©2020 Merdeka.com
NEWS | 31 Agustus 2021 08:45 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menerbitkan instruksi terbaru terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di wilayah Jawa-Bali. Instruksi bernomor 38 Tahun 2021 ini membolehkan industri berorientasi ekspor dan penunjangnya beroperasi dengan mewajibkan pegawai menggunakan aplikasi PeduliLindungi setiap masuk dan pulang kerja mulai 7 September 2021.

"Wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi mulai tanggal 7 September 2021, pengaturan masuk dan pulang, serta makan karyawan tidak bersamaan," tulis Tito dalam instruksinya, seperti dikutip Selasa (31/8).

Tito menegaskan, kapasitas pegawai kantor sektor industri berorientasi ekspor hanya diperbolehkan 10 persen dari total kapasitas ruang. Kemudian, perusahaan juga wajib mengatur jam masuk dan pulang pegawai serta giliran makan mereka agar tidak serentak.

"Atur jam masuk dan pulang, serta makan karyawan tidak bersamaan," tertera dalam Instruksi Nomor 38 Tahun 2021.

Perusahaan sektor industri berorientasi ekspor adalah perusahaan yang mampu membuktikan contoh dokumen Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) selama 12 (dua belas) bulan terakhir atau dokumen lain yang menunjukkan rencana ekspor.

"Mereka juga wajib memiliki Izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri (IOMKI) dengan memperhatikan pengaturan teknis dari Kementerian Perindustrian," sebut Tito.

Sebagai informasi, staf pabrik atau produksi perusahaan sektor industri berorientasi ekspor hanya dibolehkan 1 (satu) shift yang beroperasi setiap harinya dengan kapasitas maksimal 50%.

Seperti diberitakan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2-4 di Jawa Bali mulai 31 Agustus sampai 6 September 2021.

Sumber: Liputan6.com.
Reporter: M Radityo. (mdk/yan)

Baca juga:
Ini 25 Daerah di Jawa-Bali yang Masih Berstatus PPKM Level 4
Pelonggaran PPKM, Mal Buka Sampai Jam 9 Malam & Kapasitas Restoran Boleh 50 Persen
Mobilitas di 9 Kota Naik, 4 Provinsi Masih Siaga PPKM Level 4
1.000 Restoran di Luar Mal di Surabaya, DKI, Bandung dan Semarang Bisa Beroperasi 25
Langgar PPKM, Pria di Samarinda Kedapatan Simpan Sabu di Sandal
PPKM Jawa-Bali Diperpanjang, 25 Daerah Masih Terapkan PPKM Level 4

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami