PPKM Level 3 Dibatalkan, Wagub Harap Kunjungan Wisatawan ke Bali saat Nataru Naik

PPKM Level 3 Dibatalkan, Wagub Harap Kunjungan Wisatawan ke Bali saat Nataru Naik
Wagub Bali Cok Ace. ©2021 Merdeka.com/M Kadafi
NEWS | 8 Desember 2021 04:02 Reporter : Moh. Kadafi

Merdeka.com - Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati atau Cok Ace menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Pusat karena telah melakukan pembatalan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di semua wilayah Indonesia pada masa libur Natal dan tahun baru (Nataru)

"Terimakasih telah dibatalkannya PPKM level 3. Sebab PPKM Level 3 sesungguhnya menggambarkan kondisi yang terjadi pada satu wilayah khususnya di Bali, yang kriterianya sudah jelas, menyangkut jumlah penderita, angka kesembuhan, BOR dan lain sebagainya," kata Cok Ace saat dikonfirmasi, Selasa (7/12).

"Sedangkan, kondisi yang kita khawatirkan terjadi saat Nataru adalah kerumunan yang berpotensi menimbulkan klaster baru. Oleh sebab itu, upaya yang paling tepat dilakukan adalah pengetatan, antara lain, syarat perjalanan, protokol kesehatan dan ratio kapasitas, baik di perjalanan, di fasilitas pariwisata termasuk di obyek-obyek pariwisata dan fasilitas perdagangan," imbuhnya.

Sementara, terkait jumlah kedatangan wisatawan domestik (wisdom) saat nataru pihaknya berharap ada 20 ribu wisdom. Kemudian, saat Nataru Cok Ace juga berharap kepada para pelaku atau pengusaha industri pariwisata agar ikut menjaga protokol kesehatan di tempatnya masing-masing.

"Beberapa hari lalu, Bali pernah menerima kedatangan, walaupun belum tentu semuanya adalah wisatawan, dengan jumlah 13 ribu lebih. Sehingga, kalau terjadi peningkatan kita harapkan akan mendekati angka 20 ribu. Terhadap (pelanggaran) prokes, kita berharap teman-teman pengusaha ikut menjaga agar kepercayaan pemerintah kita tidak sia-siakan," ujarnya.

Ia juga menyebutkan, bahwa dengan dibatalkannya PPKM Level 3 akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Pulau Dewata saat Nataru.

"Kita, masih fokus pada wisatawan domistik, sebagaimana terjadi tahun-tahun sebelumnya. Walaupun, tahun ini tanpa kegiatan yang berlebihan pada malam tahun baru. Saya, yakin akan mampu meningkatkan jumlah kunjungan sekitar 50 persen. Harapan ini, juga tidak lepas dari ketersediaan fasiltas transportasi yang ada, yang saat ini masih sangat terbatas, khususnya saat weekend," ujar Cok Ace. (mdk/eko)

Baca juga:
Mendagri: Tak Boleh Ada Kerumunan Melebihi 50 Orang Saat Natal dan Tahun Baru
PPKM Level 3 Dibatalkan, Gibran Revisi SE Wali Kota
Pemprov DKI Terapkan PPKM Level 3 Selama Libur Natal dan Tahun Baru
PPKM Level 3 Akhir Tahun Batal, Pengusaha Mal Janji Tak Gelar Acara Undang Kerumunan
Wagub DKI: Aturan PPKM Saat Nataru akan Sesuaikan Kebijakan Pemerintah Pusat
Ridwan Kamil: Pembatalan PPKM Level 3 Tidak Mengurangi Rencana Pengetatan di Jabar

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami