PPP soal Surya Paloh: Pak Jokowi Hanya Bertanya Sambil Bergurau, Tak Perlu Reaktif

PERISTIWA | 9 November 2019 13:32 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Ketua Umum NasDem Surya Paloh kembali menuai sorotan. Kali ini terkait pernyataannya dalam pembukaan Kongres partainya, Jumat 8 November 2019 kemarin.

Wasekjen PPP Achmad Baidowi meminta, tak usah terlalu reaktif menanggapi polemik di publik. Di mana, memang yang terang-terangan menyindir langkah Surya adalah Presiden Jokowi saat HUT Golkar.

"Kami kira, tidak ada kecurigaan apapun dari Pak Jokowi kepada Surya Paloh yang berangkulan dengan Sohibul Iman. Karena masing-masing Parpol memiliki otoritas sendiri dalam menentukan sikap politik," ucap Baidowi saat dihubungi, Sabtu (9/11/2019).

1 dari 2 halaman

Koalisi Jokowi Baik-baik Saja

Dia menuturkan, Jokowi hanya bertanya kepada NasDem yang notabenenya bagian dari koalisi. Apalagi, itu pun disampaikan sambil bergurau.

"Konteks Pak Jokowi hanya bertanya, karena memang NasDem masih bagian dari koalisi. Orang bertanya boleh-boleh saja, apalagi disampaikan sambil gurau, tak perlu reaktif," ungkap Baidowi.

Dia pun menegaskan, sejauh ini koalisi yang dibangun Jokowi masih baik-baik saja.

"Sejauh ini koalisi baik-baik saja," pungkasnya.

2 dari 2 halaman

Surya Paloh Curhat

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mencurahkan isi hatinya setelah disindir usai pelukan dan silaturahmi dengan Presiden PKS Sohibul Iman. Paloh menilai, bentuk kecurigaan itu merupakan diskursus paling picik. Sebab, rangkulan dan silaturahmi dengan kawan sebangsa dimaknai dengan tafsir dan kecurigaan.

Menurut Paloh, cara pandang demikian paradoks. Sebab, nilai demokrasi yang berkembang begitu liberal tetapi praktiknya sangat konservatif.

Paloh juga menyindir partai yang paling merasa pancasilais tetapi penuh sinis dan curiga terhadap Nasdem. Paloh tak mengungkapkan siapa yang sebetulnya partai yang dia sindir. Dia berdalih, pihak yang dia sebut penuh curiga itu seperti angin.

"Yang mencurigai Nasdem ya kita enggak tahu, tapi pasti ada bagaikan angin yang terasa di tangan saya. Enggak bisa tangkap dia, enggak terlihat tapi ada perasaan saja," tukasnya. (mdk/ded)

Baca juga:
Surya Paloh: Pikiran Besar Harus Ditawarkan, Bukan yang Introvert
Alasan Surya Paloh Keliling Rangkul Partai Oposisi
Sebut Tak Niat Sindir PDIP, Surya Paloh Bilang 'Salah Lagi Kita'
Nasdem: Kami Tak Punya Pengalaman Mengkhianati Partner
Pernyataan Surya Paloh Sindir Presiden Jokowi?
Anies Baswedan Hadiri Pembukaan Kongres II Partai NasDem