Pra-serah Terima Jabatan, Wapres JK Berikan Tumpeng ke Ma'ruf Amin

PERISTIWA | 17 Juli 2019 16:07 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri halal bihalal Dewan Masjid Indonesia (DMI) di Hotel Sahid, Jakarta Pusat. Dalam acara tersebut juga dihadiri Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin.

Pada kesempatan itu, JK sempat memperkenalkan wakil presiden terpilih tersebut kepada peserta.

"Yang saya hormati KH Ma'ruf Amin, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan juga terpilih sebagai pengganti saya nanti," kata JK di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (17/7).

Kemudian, saat membuka acara tersebut JK juga sempat berseloroh kepada Ma'ruf Amin ketika memotong tumbeng. Dia mengatakan, hal tersebut seperti pra-serah terima.

"Jadi ini seperti pra-serah terima," ungkap JK.

Sebelumnya, dalam acara tersebut JK mengatakan masjid harus bermanfaat bagi sekitar. Salah satunya yaitu bekerja sama dengan pihak lain agar memakmurkan masjid.

"Tugas dewan masjid meningkatkan ibadah dengan cara memperbaiki fasilitas masjid, dan bekerja sama dengan sistem masyarakatnya. Tapi bangga melayani atau amal ibadah kepada masyarakat kita," kata JK.

JK menjelaskan mengurus masjid adalah bagian dari ibadah. Yaitu dengan cara memperbaiki layanan, meningkatkan da'inya hingga pelayanan. Dia mengatakan 80 persen waktu di masjid untuk mendengar dan 20 persen untuk salat.

Namun ada kelemahannya, yaitu pengeras suara atau sound sistem yang masih terganggu. Karena itu, pihak DMI kata dia menyediakan 120 mobil operasi dan 500 teknisi.

"Kelemahan masjid itu sounds sistemnya bergaung-gaung karena salah pasang.Saya hitung hitung. Begitu sound sistem salah,maka 80 persen hilang. Maka itu kita didik," ungkap JK. (mdk/fik)

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.