Prabowo Bakal Kirim Taruna Belajar Militer di Malaysia

PERISTIWA | 14 November 2019 22:56 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, hari ini bertemu dengan Menteri Pertahanan Malaysia, Mohammad Bin Sabu, dalam kunjungan kerjanya ke negeri jiran tersebut. Prabowo mengucapkan terima kasih atas sambutan sangat baik dalam kunjungannya tersebut.

"Dan akan terus mengedepankan cara-cara yang baik dalam memecahkan masalah antar bangsa," kata Staf Khusus Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar Lembaga Menhan, Dahnil Anzar Simanjuntak dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/11).

Prabowo bertekad membangun hubungan erat dengan Malaysia dalam pertemuan tersebut. Mantan Danjen Kopassus tersebut berencana mengirim taruna untuk belajar di Malaysia.

"Bertekad membangun hubungan erat dengan Malaysia, akan mengirim cadets (taruna) untuk belajar di Malaysia sebagai bentuk simbol persaudaraan dan saling berbagi pengetahuan, kebudayaan dan kemampuan militer," ujar Dahnil.

Menhan Malaysia mengatakan, negara mayoritas Islam di Asia Tenggara damai dan saling membantu menjadi contoh bagi negara mayoritas Islam yang lain di dunia.

"Dan Pak Prabowo menyatakan bahwa kontribusi Indonesia dan Malaysia sangat dibutuhkan untuk menjaga perdamaian tersebut, dan menunjukkan wajah negara-negara Mayoritas Islam di ASEAN sebagai negeri yang cinta damai," kata dia.

1 dari 2 halaman

Menhan Malaysia Puji Jokowi dan Prabowo

Dalam kesempatan itu Menhan Malaysia memuji kematangan demokrasi Indonesia dua saingan bisa bersatu. "Dan Menhan Prabowo menyatakan hal yang sama juga terjadi antara Mahatir Muhammad dan Anwar Ibrahim," kata Dahnil.

Dia menuturkan bahwa, Menhan Malaysia berharap dengan ditunjuknya Prabowo sebagai Menteri Pertahanan di Indonesia akan membawa kebaikan bukan hanya untuk Indonesia-Malaysia tapi juga seluruh ASEAN.

"Di mana negara ASEAN bisa saling membantu dalam pengembangan teknologi pertahanan," ungkap Dahnil.

Dalam kesempatan itu pula, Menhan malaysia menyampaikan salam dari raja Malaysia untuk Prabowo. "Menhan malaysia menyampaikan pentingnya kerjasama pemberantasan perombak dan terroris antar indonesia dan malaysia serta Filipina," jelas Dahnil.

Dia juga menuturkan, Menhan Malaysia sempat menyinggung soal Ibu kota baru Indonesia. Yang menurutnya akan berdampak baik untuk wilayah negeri jiran

"Menhan Malaysia mengatakan ibu kota baru Indonesia akan berdampak baik untuk wilayah Malaysia yang dekat dengan ibu kota baru (Sabah). Dan, Menhan Prabowo juga menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo untuk rakyat Malaysia dan para Raja Malaysia, serta Perdana Menteri Malaysia," pungkasnya.

Adapun, Menhan Indonesia dan Malaysia akan sama-sama berada di Bangkok akhir pekan ini, untuk mengikuti 6th Ministry of Defense Meeting Plus.

2 dari 2 halaman

Prabowo Optimis Kerjasama Pertahanan Indonesia-Malaysia Akan Baik

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto melakukan kunjungan kehormatan kepada Menhan Malaysia YB Tuan Haji Mohamad bin Sabu. Kunjungan dilakukan di kantor Kementerian Pertahanan Malaysia, Kuala Lumpur.

Tiba di Kemhan Malaysia, kunjungan Prabowo didahului dengan penyambutan melalui upacara jajar kehormatan dan selanjutnya dilaksanakan pertemuan bilateral Menhan RI dengan Menhan Malaysia yang didampingi delegasi dari masing-masing Kementerian Pertahanan.

Kunjungan kehormatan Prabowo kepada Kemenhan Malaysia ini menjadi lawatan kunjungan resmi perdananya ke negara sahabat yang juga negara tetangga, sejak pelantikannya menjadi Menhan RI.

"Hari ini saya melaksanakan lawatan kunjungan resmi pertama sebagai Menhan, dan yang pertama saya kunjungi adalah Malaysia," kata Prabowo dalam keterangannya, Kamis (14/11).

Prabowo mengungkapkan, dirinya telah mendapat direktif dari Presiden Joko Widodo agar hubungan dan persahabatan Indonesia dan Malaysia yang telah terjalin baik selama ini terus dijaga dan dipererat.

Terlebih, banyak hal kesamaan pandangan dan pemikiran diantara kedua negara. Hal itu yang akan menjadi modal yang kuat bagi kedua negara dalam upaya meningkatkan kerjasama pertahanan.

"Saya juga sudah adakan pembicaraan dengan Yang Mulia Menteri Pertahanan Malaysia, banyak persamaan pandangan pemikiran kita banyak yang sama. Karena itu, sangat optimis melihat kedepan saya yakin hubungan kerjasama pertahanan Indonesia dan Malaysia akan semakin baik," ungkapnya.

Upaya peningkatan kerjasama yang perlu dilakukan kedua negara diantaranya kerjasama di bidang pendidikan dan latihan, serta kerjasama industri pertahanan.

"Kami ingin mencari bentuk - bentuk kerjasama yang lebih baik lagi pertukaran perwira dan pertukaran siswa antara Indonesia dan Malaysia saya kira sangat baik. Dan juga kerja sama dibidang teknik dan industri pertahanan," jelasnya.

Sementara itu, Tuan Haji mengungkapkan keyakinannya dibawah kepemimpinan Prabowo, maka kerjasama pertahanan Indonesia dan Malaysia akan terus terjaga dan meningkat. Kedepan, Malaysia juga senantiasa membuka peluang bentuk kerjasama yang saling bermanfaat dan menguntungkan dengan Indonesia.

Turut serta dalam rangkaian kunjungan ini beberapa pejabat Kemhan antara lain Dirjen Strahan Kemhan Mayjen TNI Rizerius Eko HS, Karo Humas Setjen Kemhan Brigjen TNI Totok Sugiharto dan Karo TU dan Protokol Setjen Kemhan Brigjen TNI Iroth Sonny Edhie. (mdk/gil)

Baca juga:
Indonesia dan India Tingkatkan Kerjasama Pendidikan dan Pelatihan Pertahanan
Nadiem akan Temui Prabowo Bahas Rencana Komponen Pertahanan dari Pelajar
Prabowo Tunjuk Dahnil Anzar Sebagai Jubir Menhan dan Stafsus Komunikasi Publik
Prabowo: Pertahanan Indonesia Bukan Offensive tapi Defensive
Prabowo: Strategi Tak Bisa Hanya Berdasar Atas Doa
Prabowo Sebut Kaum Terdidik Adalah Cadangan Pertahanan Negara
Prabowo Pastikan Tidak akan Ada Wajib Militer