Prasetijo Mengaku Beri USD 20 Ribu, Tommy Sebut Jumlahnya USD 50 Ribu

Prasetijo Mengaku Beri USD 20 Ribu, Tommy Sebut Jumlahnya USD 50 Ribu
PERISTIWA | 2 Desember 2020 00:39 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Terdakwa Tommy Sumardi membantah kesaksian Brigjen Prasetijo Utomo terkait uang persahabatan USD 20 ribu. Hal ini dilakukan saat sidang lanjutan terkait perkara penghapusan red notice atas nama Djoko Segiarto Tjandra di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi, Jakarta Pusat, Selasa (1/12).

Bantahan Tommy tersebut disampaikan setelah Hakim Ketua Muhammad Damis memberikan kesempatan kepadanya untuk memberi tanggapan atas kesaksian Prasetijo Utomo.

"Sekarang saya butuh tanggapan saudara atas keterangan saksi," kata hakim kepada Tommy.

"Banyak yang tidak benar yang mulia," jawab Tommy.

"Silakan diberi tanggapi sekarang. Satu, saya yang arahkan saudara kalau bertanya saudara. Tadi ada keterangan saksi yang mengatakan bahwa yang saudara serahkan ke saksi ini, saksi Prasetijo hanya USD 20 ribu. Berapa?" tanya hakim.

"Semua itu pertama yang dilihat di mobil, kok banyak banget Ji, uang siapa itu? Saya bilang saya akan serahkan sana, ini saya bagi dua. Itu yang pertama yang mulia," jawab Tommy.

"Jumlahnya berapa?" tanya hakim.

"Jumlahnya USD 50 ribu," jawab Tommy.

"Berarti bukan 20 ribu?" tanya kembali hakim.

"Oh bukan yang mulia, USD 50 ribu," jawab Tommy.

Dalam sidang tersebut, Tommy juga mengaku tak hanya sekali saja memberikan uang sebesar USD 50 ribu. Namun, jumlah tersebut ia berikan sebanyak dua kali. Sehingga total uang yang diberikan kepada Prasetijo sebanyak USD 100 ribu.

Dalam kesempatan yang sama, hakim pun langsung bertanya kepada Prasetijo terkait yang disampaikan oleh Tommy. Namun, Prasetijo mengaku, tetap pada keterangannya terkait uang USD 20 ribu.

"Saudara saksi itu keberatan keterangan terdakwa terhadap saudara terkait penerimaan sejumlah uang USD 100 ribu penyerahan dua kali?" tanya hakim.

"Saya tetap dengan keterangan saya yang mulia," jawab Prasetijo.

Baca Selanjutnya: Terima Uang Persahabatan...

Halaman

(mdk/fik)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami