Prasetyo Setuju Jaksa Agung Berikutnya dari Internal Kejaksaan

Prasetyo Setuju Jaksa Agung Berikutnya dari Internal Kejaksaan
PERISTIWA | 22 Juli 2019 12:44 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo masih menggodok susunan menteri di kabinet jilid 2. Mantan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (JAM Pidsus), Sudono Iswahyudi, mengusulkan jaksa agung periode sosok pensiunan jaksa karir namun yang memiliki independen.

Jaksa Agung, HM Prasetyo, menyetujui usulan itu. "Ya memang, sebaiknya jaksa agung itu adalah dari internal Kejaksaan," kata HM Prasetyo di Lapangan Upacara Badan Diklat Kejaksaan RI Jalan Harsono RM. Ragunan, Jakarta Selatan, Senin (22/7).

Menurut dia, Jaksa Agung dari kalangan internal lebih paham tentang situasi, kondisi, tugas dan kewenangan serta tanggung jawab yang mesti diembannya.

"Kalau ditangani dari kejaksaan sendiri, kita sendiri sudah tahu dia merangkak dari bawah, sejak mereka sekolah di sini, kemudian mutasi dan promosi ke mana-mana ya dengan segala suka dukanya menjadi tugas kewajiban tanggung jawab. Jadi tidak ujug-ujug. Karena ini masalah kejaksaan masalah-masalah yang tentunya tugas yang sangat sangat teknis," papar dia.

Prasetyo yakin jaksa agung dari internal akan bekerja profesional. "Mereka praktisi hukum, karena melalui tahapan-tahapan pendidikan, kursus-kursus, juga praktik penegakan hukum," tutup dia.

Reporter: Ady Anugrahadi

Sumber: Liputan6.com (mdk/lia)

Baca juga:
Tak Incar Posisi Jaksa Agung, Tapi PKB Mau Jika Diberi
Kejaksaan Sudah Terima Berkas dan Tersangka Kasus Kerusuhan 21-22 Mei
Jaksa Agung Sebut Anak Buahnya Tidak Ikut Uji Kompetensi Capim KPK Karena Sedang Haji
Hari Bhakti Adhyaksa Ke-59, Jaksa Agung Upacara dan Tabur Bunga di TMP Kalibata
Kursi Jaksa Agung Diincar PDIP, Ini Kata Yasonna
Terima Ratusan Aduan, Ombudsman Panggil Komisi Kejaksaan
NasDem Kembali Incar Kursi Jaksa Agung?

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami