Presiden Jokowi Bersedia Bertemu Tokoh Kelompok ULMWP dan KNPB

Presiden Jokowi Bersedia Bertemu Tokoh Kelompok ULMWP dan KNPB
PERISTIWA | 30 September 2019 13:31 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak mempermasalahkan terkait permintaan anggota DPRD Papua dan Papua Barat untuk menemui tokoh kelompok The United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) dan Komite Nasional Papua Barat (KNPB). Dia mengatakan siapapun akan ditemuinya jika tujuannya untuk bertemu.

"Ya enggak ada masalah bertemu saja. Dengan siapapun akan saya temui kalau memang ingin bertemu," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Senin (30/9).

Sebelumnya Perwakilan dari DPRD Papua Barat, Maybrat, Ferdinando Solosa menyampaikan beberapa poin untuk bisa disampaikan kepada Presiden Joko Widodo. Salah satunya yaitu masalah Papua bisa terselesaikan.

"Persoalan ini, harapan kami masalah di Papua bisa diselesaikan secara bertahap, dengan baik, sehingga pemerintahan dan pembangunan di sana bisa berjalan baik," kata Ferdinando dalam forum pertemuan di Kantor Staf Presiden, Jakarta Pusat, Selasa (24/9).

Kemudian, dia juga berharap Moeldoko bisa memfasilitasi bertemu Presiden Joko Widodo. Kemudian, pihaknya juga meminta membuka dialog antara pemerintah pusat dan tokoh papua.

"Kami minta pemerintah membuka dialog antara pemerintah pusat dan tokoh papua khususnya yang dipandang memiliki ideologi yang konfrontatif atau berseberangan seperti ULWMP, dan KNPB," kata Ferdinando.

"Dialog dimaksud agar dilakukan dengan melibatkan pihak ketiga yang independen, netral, dan objektif dalam menyelesaikan akar persoalan politik," lanjut Ferdinando. (mdk/eko)

Baca juga:
Presiden Jokowi: Evakuasi Tetap Jalan Tapi Kita Imbau Warga Tidak Keluar dari Wamena
5 Orang Jadi Tersangka Kerusuhan di Papua
Jokowi: 33 Orang Meninggal di Wamena, Pembunuh dan Pembakar Sudah Ditangkap
TNI Evakuasi 3.000 Lebih Orang dari Wamena, Mayoritas Perempuan dan Anak
174 Warga Asal Sulsel Dievakuasi dari Wamena Pakai Pesawat Hercules
Pemerintah Cegah Rusuh di Wamena Tak Meluas Jadi Konflik Horisontal

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami