Presiden Jokowi: Gelar Juara Piala AFF U-16 2022 jadi Kado HUT Kemerdekaan

Presiden Jokowi: Gelar Juara Piala AFF U-16 2022 jadi Kado HUT Kemerdekaan
Presiden Jokowi. ©2022 Merdeka.com
NEWS | 14 Agustus 2022 09:15 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat, kepada Timnas Sepakbola U16 usai mampu memenangkan kejuaraan piala Federasi Sepak Bola Asean atau AFF. Kemenangan ini diraih usai Indonesia bisa mengunci kemenangan 1-0 terhadap lawannya Vietnam.

“Selamat kepada timnas sepakbola U16 Indonesia yang telah mempersembahkan gelar juara Piala AFF U16 2022 dengan mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0 pada partai final di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta,” kata Jokowi lewat cuitannya di Twitter, seperti dilihat Liputan6.com, Minggu (14/8/2022).

Menurut Jokowi, kemenangan squad Garuda muda ini adalah kado indah untuk hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia ke-77 pada 17 Agustus nanti.

“Gelar juara Piala AFF U16 2022 ini jadi sebentuk kado HUT Kemerdekaan,” bangga Jokowi.

Diketahui, Timnas Indonesia U-16 keluar sebagai kampiun Piala AFF U-16 2022. Hasil itu diraih usai Garuda Asia menumbangkan Vietnam dengan keunggulan tipis 1–0 di babak final yang berlangsung pada Jumat (12/8/2022) malam WIB.

Kedua tim terlibat pertarungan sengit sejak awal pertandingan. Baik Garuda Asia maupun The Golden Star, sama-sama tak memberi celah bagi lawan untuk mencetak gol.

Penggawa Indonesia baru menemukan ruang di sisi kiri pertahanan Vietnam pada masa injury time. Kafiatur Rizky melepaskan tendangan ke tiang jauh yang dikawal oleh Pham Dinh Hai sekaligus melesakkan gol semata wayang di laga tersebut.

Unggul satu angka, Garuda Asia berupaya meredam serangan Vietnam di babak kedua. Pasukan The Golden Star muda pun tak sanggup mencetak gol penyeimbang hingga peluit panjang dibunyikan. Alhasil, trofi Piala AFF U-16 2022 resmi menjadi milik Indonesia.

(mdk/ded)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini