Presiden Jokowi Terima Surat Pengunduran Diri Menpora Imam Nahrawi

PERISTIWA | 19 September 2019 11:00 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Imam Nahrawi telah mengirimkan surat pengunduran diri sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Surat tersebut diakui Jokowi telah ia terima.

"Tadi sudah disampaikan ke saya surat pengunduran diri Menpora," kata Jokowi kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (19/9).

Jokowi mengatakan menghormati keputusan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). "Saya menghormati apa yang sudah diputuskan oleh KPK bahwa Pak Imam Nahrawi menjadi tersangka," singkatnya.

Pun, Jokowi berpesan kepada seluruh jajaran untuk berhati-hati dalam penggunaan anggaran APBN. "Kan semuanya diperiksa sesuai perundang-undangan BPK. Kalau ada penyelewengan itu urusannya bisa dengan penegak hukum," katanya.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi sebagai tersangka kasus suap dana hibah KONI. Imam diduga menerima hadiah atau janji kasus suap dana hibah tahun anggaran 2018, dengan nilai Rp14,7 miliar.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan, KPK mendapatkan bukti permulaan yang cukup dugaan keterlibatan Imam Nahrawi dalam kasus ini. KPK menduga uang suap itu digunakan untuk kepentingan pribadi Imam.

"Dalam penyidikan tersebut ditetapkan 2 orang tersangka yaitu IMR (Imam Nahrawi) dan asisten pribadi MIU," ujar Alexander dalam konferensi pers di KPK, Jakarta Selatan, Rabu (18/9).

Baca juga:
Jadi Tersangka KPK, Ini Daftar Kekayaan Imam Nahrawi Total Rp 22 Miliar
Blak-blakan Menpora Imam Nahrawi: Saya Tak Seperti yang Dituduhkan
Ngabalin Sebut Status Tersangka Menpora Bukti Pemerintah Tak Intervensi KPK
Jadi Tersangka KPK, Menpora Belum Putuskan Ajukan Praperadilan
Keluarga Terpukul Dengar Imam Nahrawi jadi Tersangka Suap Dana Hibah KONI
Demokrat Lirik Kursi Menpora untuk AHY

(mdk/rhm)