Presiden Jokowi Ucapkan Belasungkawa atas Peristiwa Ledakan di Beirut Lebanon

Presiden Jokowi Ucapkan Belasungkawa atas Peristiwa Ledakan di Beirut Lebanon
PERISTIWA | 6 Agustus 2020 10:34 Reporter : Dedi Rahmadi

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan belasungkawa atas peristiwa ledakan yang terjadi di Beirut, Lebanon, Selasa (4/8) petang waktu setempat.

"Saya turut berbelasungkawa untuk saudara-saudariku di Lebanon," kata Presiden Jokowi, dalam cuitan berbahasa Inggris di akun Twitter @jokowi, yang dikutip di Jakarta, Kamis (6/8).

Presiden mengatakan peristiwa tersebut tragis dan menyakitkan. Kepala Negara menekankan posisi Indonesia saat ini berdiri bersama Lebanon.

"Pikiran dan doa kami bersama keluarga dan korban ledakan dahsyat di Beirut," ujar Presiden.

Ibu kota Lebanon, Beirut, diguncang ledakan besar di kawasan pelabuhan, Selasa (4/8) petang waktu setempat.

Ledakan besar yang menimbulkan awan berbentuk jamur, mirip ledakan bom atom di Hiroshima, Jepang pada masa Perang Dunia II tersebut, menewaskan sedikitnya 135 orang dan menyebabkan ribuan orang terluka serta hancurnya bangunan serta infrastruktur di sekitar.

Hingga kini penyebab ledakan, videonya sempat diabadikan sejumlah orang itu, masih diselidiki otoritas setempat. Namun berbagai dugaan menyebut ledakan terjadi karena kembang api, mesiu hingga terbakarnya gudang amonium nitrat.

Presiden Lebanon Michel Aoun menyerukan keadaan darurat selama dua pekan pasca peristiwa itu. (mdk/ded)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami