Promosi Sebelum Dilantik Sebagai Ketua KPK, Firli Bahuri Dinilai Berprestasi

PERISTIWA | 8 November 2019 20:06 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Firli Bahuri mendapatkan promosi jabatan sebagai Kabaharkam Polri. Dia pun akan menerima kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi yakni menjadi Komjen, sebelum nantinya dilantik sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Desember 2019.

"Ya, benar yang bersangkutan mendapat promosi karena dinilai berprestasi dan mumpuni. Pangkatnya akan menyesuaikan dengan jabatan barunya," tutur Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal saat dikonfirmasi, Jumat (8/11).

Menurut Iqbal, Firli memiliki sederet prestasi sejak menjalani pendidikan di Akademi Kepolisian (Akpol) hingga saat ini.

"Sejak taruna, Pak Firli itu kariernya sudah cemerlang, memimpin taruna dari tingkat I sampai III. Dia memimpin sebagai Komandan Resimen Korp Taruna pada tahun 1990, memimpin semua taruna tingkat I, II, III," jelas dia.

1 dari 1 halaman

Pernah Jadi Ajudan Wapres Boediono

Terpilihnya Firli sebagai ajudan Wakil Presiden (Wapres) Boediono kala itu, lanjutnya, merupakan puncak kariernya di level perwira menengah. Karirnya sebagai Kapolda NTB dan Kapolda Sumatera Selatan juga dinilai baik.

"Kariernya cemerlang dan puncaknya saat menjadi ajudan wakil presiden karena ajudan presiden itu adalah pilihan, tentunya harus orang yang cerdas, pikirannya cemerlang, pribadi yg baik. Maka Pak Firli sangat layak dipromosikan (sebagai Kabaharkam)," Iqbal menandaskan. (mdk/eko)

Baca juga:
Promosi, Kabid Humas Polda Metro Naik Pangkat Jadi Brigjen
Ketua KPK Terpilih Firli Bahuri Promosi Jadi Komisaris Jenderal
Eks Ajudan Jokowi Disebut Kandidat Kabareskrim, Ini Kata Polri
Harta Calon Tunggal Kapolri Komjen Idham Azis Rp5,5 Miliar
Polri Mutasi 10 Kapolres di Papua
Kapolres Pandeglang Dimutasi ke Riau, Polda Banten Bantah Terkait Penusukan Wiranto