Prosesi Adat Jawa Iringi Gibran-Teguh Daftar Pilkada ke KPU

Prosesi Adat Jawa Iringi Gibran-Teguh Daftar Pilkada ke KPU
PERISTIWA | 4 September 2020 16:34 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Bakal calon wali kota (Cawali) dan calon wakil wali kota Cawali) Solo, Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa mendaftar ke KPU dengan naik sepeda ontel, Jumat (4/9). Sementara itu, istri Gibran serta Teguh, Selvi Ananda dan Serrly Yusnita naik kereta kuda.

Sebelum berangkat, diawali prosesi adat Jawa dan doa dari lima perwakilan agama. Prosesi diawali dengan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan sambutan. Kemudian, penyerahan dokumen calon kepada Ketua DPC, dilanjutkan pengalungan bunga kepada kedua bakal calon. Prosesi diiringi gending Eling-eling oleh grup karawitan.

Tepat pukul 14.00 WIB, para bakal calon didampingi istri masing-masing berangkat dari DPC PDIP, dengan prosesi adat Jawa layaknya mempelai. Budayawan Surakarta St. Wiyono, S.Kar memimpin prosesi pemberangkatan.

Cucuk lampah tersebut mendendangkan 'Suluk Jatining Notoprojo' dan dilanjutkan dengan Gending Mugi Rahayu. Kepergian Gibran-Teguh diantar Ketua DPC PDIP FX Hadi Rudyatmo dengan diiringi gending Gugur Gunung. Syair gending tersebut mengandung makna kerja sama, gotong royong untuk membangun desa.

Gibran-Teguh dan sebagian rombongan kemudian naik sepeda ontel menuju KPU. Ratusan relawan dan warga nampak berkerumun di sepanjang rute ysng dilalui.

"Merdeka, Gibran-Teguh pasti menang, ning nyambut gae (tetap harus kerja). Kami akan antarkan Gibran-Teguh di KPU dengan situasi masih kondisi corona," ujar Rudy sesaat sebelum berangkat.

Rudy mengimbau pada pendukung, simpatisan dan kader agar mencontohkan penerapan protokol kesehatan selama proses pendaftaran. Ia berharap agar pasangan Gibran-Teguh memberikan simpatik pada masyarakat di tengah pandemi tetap patuhi protokol kesehatan.

"Kita harus memberikan contoh pasangan Gibran-Teguh yang didukung PDIP dengan 30 kursi dan tujuh parpol Golkar, Gerindra, PSI PKB, PPP, PAN, dan NasDem tetap mematuhi protokol kesehatan," katanya.

Wali Kota Solo itu optimistis pasangan Purnomo-Teguh mampu meraih suara 80 persen. Dengan banyaknya dukungan parpol taget tersebut akan mudah terealisasi. (mdk/cob)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami