PSBB Transisi Bukan Berarti Bebas Berkegiatan Tanpa Pedulikan Protokol Kesehatan

PSBB Transisi Bukan Berarti Bebas Berkegiatan Tanpa Pedulikan Protokol Kesehatan
PERISTIWA | 6 Juni 2020 23:00 Reporter : Dedi Rahmadi

Merdeka.com - DKI Jakarta memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan status transisi hingga akhir Juni 2020 menuju new normal. Direktur Keamanan dan Keselamatan (Dirkamsel) Korlantas Polri Brigjen Pol Dr Chryshnanda Dwilaksana mengatakan pandemi covid-19 ini menjadi momentum untuk bangkit jelang new normal.

"Masa transisi dari PSBB ke new normal yang akan diberlakukan di DKI Jakarta dan beberapa daerah lain di Indonesia mulai pekan depan, harus disikapi dengan bijak. New normal yang kita hadapi bukan berarti kita bebas melakukan apapun," ujar Chryshnanda, Sabtu (6/6/2020).

Chryshnanda mengungkapkan, covid-19 di Indonesia masih fluktuatif berdasarkan data Gugus Tugas. Meski kasus positif corona melandai di sebagian daerah, namun ada daerah yang malah meningkat, seperti Jawa Timur.

"Kalau memang belum sepenuhnya mampu dan mengalahkan covid-19, maka kita harus ekstra hati-hati. Kita ke depan harus bisa membangun budaya dan peradaban baru di era new normal, termasuk di sektor transportasi," kata Chryshnanda.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam bermedia sosial di masa covid-19. Chryshnanda meminta agar tidak sembarangan membagikan informasi yang belum jelas konfirmasinya.

"Contohnya, jika ada penumpang di angkutan sakit, kemudian dituding covid-19, maka bisa-bisa nama baik perusahaan otobus (PO) yang bersangkutan akan rusak karenanya. Dampaknya, orang tak mau naik kendaraan umum itu, padahal penyebab kematian atau sakit itu belum jelas," tutur Chryshnanda.

"Jika begitu, maka kebangkrutan dan PHK sudah di depan mata. Terus, bagaimana nasib mereka bersama keluarganya nanti. Semua harus dipikirkan dengan bijak," tegas Chryshnanda. (mdk/ded)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Agar Jiwa Tak Terguncang Karena Corona

5