PT KAI Gelontorkan Dana Rp250 Juta untuk Bangun Masjid Sriwedari

PERISTIWA | 30 Agustus 2019 00:05 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyiapkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) sebesar Rp 250 juta. Dana tersebut dialokasikan untuk bantuan pembangunan Masjid Taman Sriwedari, Solo. Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro di sela peresmian Ruang Tunggu KA Bandara Stasiun Solo Balapan, Kamis (29/8).

Vice Presiden CSR PT KAI Agus Supriyono mengatakan, dana CSR Rp250 juta tersebut merupakan sumbangan dan kontribusi PT KAI selaku BUMN, dalam rangka BUMN Hadir untuk Negeri.

"Bantuan ini merupakan rangkaian kegiatan tahunan BUMN Hadir untuk Negeri untuk bisa membantu masyarakat," ujar Agus.

Sesuai peraturan menteri, bantuan CSR terbagi dalam tujuh golongan, salah satunya untuk tempat ibadah. Kebetulan pihaknya menerima proposal dari panitia untuk pembangunan Masjid Taman Sriwedari. Melalui disposition Direktur Utama PT KAI, pihaknya diminta untuk memberikan bantuan tersebut.

"Peruntukannya untuk pembangunan. Masalah teknis di lapangan, mereka yang lebih paham penggunaan dana sebesar itu. Kalau saya baca RAB (rencana anggaran belanja)-nya juga tidak kecil. Ini untuk masyarakat Solo, kita cuma sebagian kecil," katanya.

Seusai permintaan, dana tersebut akan dikirimkan melalui transfer bank. Pembangunan Masjid Taman Sriwedari yang sudah mencapai progres sekitar 60 persen, direncanakan menghabiskan anggaran sebesar Rp165 miliar. Dana tersebut merupakan bantuan masyarakat dan program CSR dari sejumlah BUMN.

Baca juga:
Kekurangan Dana, Pembangunan Masjid Raya Sriwedari Molor
Dituduh Rusak Taman Sriwedari, Wali Kota Solo Siap Jalani Proses Hukum
Dituduh Rusak Lahan Sriwedari, Wali Kota Solo Dilaporkan ke Polisi
Pengadilan Negeri Solo Siap Eksekusi Lahan Sriwedari
Pembangunan Masjid Raya Sriwedari, sejumlah PKL segera digusur
Pemkot Solo batalkan pembangunan menara Masjid Raya Sriwedari

(mdk/cob)