PTM Aman, Gibran Gelar Festival Bocah Dolanan

PTM Aman, Gibran Gelar Festival Bocah Dolanan
Festival Bocah Dolanan di Solo, Sabtu (27/11). ©2021 Merdeka.com/Arie Sunaryo
NEWS | 27 November 2021 21:00 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Pemerintah Kota Solo menggelar Festival Bocah Dolanan di Rumah Kabudayan ndalem Djojokoesoeman, Laweyan, Sabtu (27/11) dan Minggu (28/11). Festival dibuka Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Sebanyak 10 sanggar ikut menyemarakkan kegiatan festival, yakni: Sanggar Seni Gendhewo Pinenthang, Sanggar Seni Gerong Kuning, Sanggar Seni Sang Citra, Sanggar Metta Budaya, Sanggar Seni Semarak Candra Kirana, Sanggar Seni Adanu Jumantoro, Sanggar Orek, Sanggar Seni Kemasan, Sanggar Seni Pincuk, dan Sanggar Seni Sarwi Retno Budoyo.

Pembukaan Festival Bocah Dolanan 2021 ditandai dengan membunyikan maikan Otok-Otok (Puteran) oleh Gibran bersama Kepala Dinas Kebudayaan, serta Kepala Bidang Kesenian Sejarah Bahasa dan Sastra Dinas Kebudayaan Solo.

Dewan Juri dalam Festival Bocah Dolanan 2021 dipercayakan kepada dr Yoyok Bambang Priyambodo,(Budayawan Seniman dan Pimpinan Sanggar Greget Semarang), Waluyo (Dosen Jurusan Karawitan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta) dan Hari Mulyanto (Dosen Jurusan Tari Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta).

Pada hari pertama, enam sanggar tampil di pentas. Empat sanggar seni lainnya baru akan tampil besok.

Wali Kota Gibran Rakabuming mengapresiasi Festival Bocah Dolanan yang sudah bisa dilaksanakan kembali.

"Di tengah pandemi ini anak-anak sudah mulai PTM, ya tentunya event-event yang melibatkan anak-anak harus digelar juga," jelasnya

Ia berharap festival ini bisa terus berlangsung, karena merupakan sarana untuk mengenalkan budaya nusantara kepada anak-anak zaman sekarang.

"Yang seperti ini jangan sampai tersingkirkan, buat main game, yang seperti ini harus dilestarikan. Ini salah satu cara untuk mengenalkan budaya kita ke anak-anak dengan cara itu yang paling simpel itu seperti bermain,รข€ tutup dia.

Baca juga:
Wujudkan Digitalisasi Transaksi Pasar Tradisional, Gibran Gandeng BNI
Gibran akan Jadikan Ngarsapura Malioboro-nya Solo pada 2022
Antisipasi Banjir, Pemkot Solo Berencana Bikin Sumur Resapan
Gibran Buru Pelaku Vandalisme di Flyover Purwosari
Jelang PPKM Level 3, Gibran Segera Koordinasi dengan PHRI dan Asita
Kemenparekraf Luncurkan Wellnes Tourism Indonesia di Solo

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami