Puan Kenang Peran Wahid Hasyim Persiapkan Kemerdekaan RI dengan Bung Karno

Puan Kenang Peran Wahid Hasyim Persiapkan Kemerdekaan RI dengan Bung Karno
Ketua DPR RI Puan Maharani. ©2021 Merdeka.com
NEWS | 19 April 2022 16:35 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Ketua DPR RI Puan Maharani melihat sosok ulama dan tokoh nasional KH Abdul Wahid Hasyim sebagai ulama pemikir dan pejuang bersama-sama Bung Karno turut berjuang dalam kemerdekaan Indonesia. Hal itu ia sampaikan dalam bertepatan dengan haul ke-69 KH Abdul Wahid Hasyim, Selasa (19/4).

"Peran KH Abdul Wahid Hasyim dalam menyiapkan kemerdekaan Indonesia sangat penting karena beliau mengikuti seluruh proses persidangan menuju Indonesia merdeka. Bersama kakek saya Bung Karno, dan sejumlah tokoh kemerdekaan lainnya, beliau turut andil dalam menjaga Indonesia dari upaya pihak-pihak yang menimbulkan perpecahan," kata Puan di Jakarta, Selasa (19/4).

Puan melihat sosok ayah dari KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu sebagai salah satu ulama pemikir-pejuang yang bersama Bung Karno turut dalam proses kemerdekaan Indonesia.

Puan melihat sosok ayah Abdurrahman Wahid alias Gus Dur itu sebagai tokoh Islam yang berjuang dalam kemerdekaan RI. Ia terlibat sebagai anggota Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang diketuai Dr. K.R.T Radjiman Wedyodiningrat, dan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) yang diketuai Soekarno.

2 dari 2 halaman

Kata cucu proklamator ini, Bung Karno dan Wahid Hasyim memiliki kedekatan yang tidak hanya saat mempersiapkan kemerdekaan.

"Beliau-beliau ini kemudian juga bahu membahu setelah Indonesia Merdeka. Saat Bung Karno menjadi Presiden, KH Wahid Hasyim menjadi salah satu menterinya, yaitu menteri agama," jelas Puan.

Ketua DPP PDIP ini mengungkapkan kebersamaan Bung Karno dan KH Wahid Hasyim bisa dilihat dari peran keduanya saat akan membangun Istiqlal, masjid terbesar di Indonesia. Masjid yang digagas Bung Karno sebagai ungkapan syukur atas hasil perjuangan yang dicapai, yaitu Kemerdekaan Indonesia.

"Melihat begitu besarnya jasa beliau, maka selain mendoakan, kita generasi yang sekarang ini berkewajiban meneruskan perjuangannya, mengisi kemerdekaan dengan hal-hal produktif untuk masa depan Indonesia yang lebih baik, lebih maju. Jadikan sosok dan perjuangan beliau sebagai spirit dan energi positif dalam kehidupan berbangsa," ujar Puan.

Baca juga:
Ketua DPR Minta Pemerintah Persiapkan Mudik dengan Baik: Jangan Lagi Macet 20 Jam
Ketua DPR: Tudingan PeduliLindungi Langgar Privasi Mudah Dibuktikan Lewat UU PDP
Ketua DPR Minta Pemilihan Penjabat Kepala Daerah Transparan
Ketua DPR Minta Pemerintah Buktikan PeduliLindungi Tak Langgar Privasi dan HAM
Ketua DPR Minta Anggota Awasi Pasokan dan Lonjakan Harga Pangan Selama Reses
Ketua DPR: Pemerintah Harus Gerak Cepat Maksimalkan Kuota 1 Juta Jemaah Haji 2022

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami