Puan Maharani: Guru Dari Luar Untuk Tingkatkan SDM Guru di Indonesia

PERISTIWA | 14 Mei 2019 16:35 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Masyarakat dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menegaskan, dirinya tak pernah mengatakan akan mengimpor guru dari luar ke Indonesia. Menurut dia, banyak pihak yang salah kaprah terkait pernyataannya itu.

"Saya sampaikan dalam Musrenbang Bappenas beberapa waktu lalu, saya tidak pernah mengatakan impor, tapi akan mengundang guru-guru dari luar untuk training of trainer, memperkuat peningkatan guru yang ada di Indonesia," kata Puan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (14/5).

Puan menjelaskan, para pengajar dari luar akan diundang ke Indonesia untuk peningkatan sumber daya manusia. Nantinya, mereka akan memberikan pelatihan untuk guru-guru di Indonesia.

"Atau juga bahkan mereka (guru-guru asing) diberikan kesempatan untuk mengajar di Indonesia, untuk bisa memberikan peningkatan SDM," ucapnya.

Puan menegaskan, bahwa rencana ini masih dalam tahap kajian. Saat ini, pihaknya tengah melakukan koordinasi dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Menteri Pertanian, serta Menteri Perindustrian.

"Jadi sudah peningkatan SDM, kemudian nanti kita bisa kasih mereka kesempatan untuk bekerja di industri. Jadi memang dunia industri dan pendidikan itu ke depannya akan kita lebih sinergikan," jelasnya.

Dia menyebut saat ini pihaknya masih mengkaji negara mana yang tepat untuk mendatangkan guru. Puan membantah guru asing ini didatangkan lantaran guru di Indonesia masih di bawah standar.

"Bukan, ini kan percepatan, yang kita lakukan karena fokus SDM. Ini yang harus kita lakukan. Bukan mengatakan di sini lebih baik di sana tidak baik. Tapi jika bisa memberi peningkatan, lebih baik kalau kita bisa lebih percepat," ujar dia.

Reporter: Lizsa Egeham

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Deretan Orang Kaya Indonesia Punya Kampus Terkenal di Jakarta
Freeport Diminta Salurkan Dana Pengembangan untuk Sarana Pendidikan dan Kesehatan
Mengantisipasi Munculnya Paham Kekerasan di Dunia Pendidikan
Mendikbud Imbau Pemda Perhatikan Kualitas Pendidikan
Peringati Hardiknas, Menristekdikti Dorong Penerapan Online Learning
Pindah ke Menara Astra, John Robert Powers (JRP) Indonesia Tawarkan Dua Program Baru

(mdk/rnd)