Puan Maharani: Ikan Harus Jadi Andalan Meningkatkan Kesejahteraan

Puan Maharani: Ikan Harus Jadi Andalan Meningkatkan Kesejahteraan
puan maharani. ©2020 Merdeka.com/YouTube Boy William
NEWS | 22 September 2022 19:54 Reporter : Haris Kurniawan

Merdeka.com - Ketua DPR Puan Maharani melakukan tabur 250 ribu benih ikan nilem, tawes, hingga wader di Waduk Jatiluhur bersama warga Purwakarta, Jawa Barat. Puan pun memuji keindahan waduk sekaligus mengingatkan masyarakat untuk menjaga kebersihan waduk untuk mewujudkan kedaulatan air.

“Kita mau membangun Indonesia, mau menyejahterakan rakyat Indonesia, semuanya memerlukan air. Dan ikan harus menjadi salah satu andalan untuk meningkatkan kesejahteraan dan juga asupan makanan orang Indonesia,” kata Puan di Waduk Jatiluhur, Rabu (21/9).

Puan mengatakan, Indonesia harus mengembangkan teknik dan teknologi perikanan.

Menurut mantan Menko PMK ini, hal tersebut untuk memaksimalkan budi daya ikan sebagai bagian dari pencapaian kedaultan pangan. Puan juga memastikan DPR terus melakukan fungsi pengawasan atas pengendalian jumlah keramba di Waduk Jatiluhur. Tak hanya itu, infrastruktur pariwisata di Waduk Jatiluhur pun dinilai harus lebih ditingkatkan.

“Sebagai Ketua DPR RI, saya akan memperjuangkan aspirasi Bapak/Ibu petani ikan di komisi terkait. Ke Jatiluhur ini juga saya terhitung healing. Bisa bertemu dengan masyarakat itu hal yang membuat saya seneng, saya bisa tahu apa yang diinginkan masyarakat,” imbuh Politisi Fraksi PDI-Perjuangan tersebut.

Seorang warga yang hadir bernama Nurhayati, yang sehari-harinya bekerja mengolah daging ikan belida menjadi abon yang merupakan oleh-oleh khas Jatiluhur menyampaikan berharapannya bisa mendapat bantuan oven dan spinner untuk meningkatkan prokduksi usaha abon miliknya, yang kemudian disambut baik oleh Puan. “Oke, nanti saya akan kasih mesin-mesin produksinya. Dan kalau bisa, abon ikan Jatiluhur diberi label dan brand atau merk di kemasannya supaya lebih dikenal,” timpal Puan.

(mdk/hrs)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini