Puan Soal Evaluasi Pilkada Langsung: Jangan Sampai Membuat Kita Balik ke Belakang

PERISTIWA | 12 November 2019 12:28 Reporter : Sania Mashabi

Merdeka.com - Ketua DPR Puan Maharani setuju dengan adanya evaluasi pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) langsung. Namun, kata dia, evaluasi tersebut tidak boleh membuat Indonesia menjadi mundur.

"Ini kan Pilkada langsung sudah berjalan cukup lama, dan ya memang ada perlu banyak evaluasi, tapi jangan sampai juga ini kembali membuat kita balik ke belakang lagi," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (12/11).

Puan mengatakan saat Indonesia memutuskan menggunakan Pilkada langsung pasti sudah pertimbangan baik dan buruknya. Maka dari itu, yang terbaik adalah melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pilkada tersebut.

"Waktu itu kita putuskan mau Pilkada langsung pastikan sudah ada hal-hal yang dipertimbangkan, kita lihat lagi baik dan buruknya, positif dan negatifnya untuk bangsa ini ke depan," ungkapnya.

1 dari 1 halaman

Diserahkan ke Komisi II

Terkait urgensi untuk membahas Pilkada langsung, Politikus PDIP ini enggan berkomentar banyak. Dia menyerahkan sepenuhnya ke Komisi II DPR sebagai pihak yang akan membahas Pilkada.

"Ya kita lihat lagi nanti di Komisi II seperti apa kondisinya. Karena saya enggak bisa beranda-andai kalau pembahasannya saja belum dilakukan," tandasnya. (mdk/did)

Baca juga:
Rapat Dengan DPR, KPU Usul Aturan Larangan Eks Koruptor Maju Pilkada Ada di PKPU
VIDEO: KPU Tegaskan Pilkada 2020 Tetap Dilakukan Secara Langsung
NasDem Targetkan Menang Pilkada 2020 dan Pemilu 2024
NasDem Pertimbangkan Kepala Daerah Dipilih DPRD Agar Biaya Murah
Efisiensi Pemilu 2020, KPU Usulkan e-Rekap dan Ubah Undang-undang
Bertemu Jokowi, KPU Ingin Larangan Eks Napi Koruptor Nyalon Pilkada Diatur UU