Pulang dari Hong Kong, TKW asal Lombok Dicurigai Terpapar Virus Corona

PERISTIWA | 28 Januari 2020 18:29 Reporter : Erwin Yohanes

Merdeka.com - Seorang tenaga kerja wanita (TKW) asal Lombok yang baru saja dari Hong Kong mengalami kondisi yang mirip dengan gejala virus Corona. Dia kemudian diisolasi di ruang perawatan RSUD Sidoarjo.

Kepala RSUD Sidoarjo dr Atok Irawan mengatakan, kondisi pasien mengalami suhu tubuh di atas normal, yaitu 38,8 derajat. Selain itu juga disertai gangguan pernapasan.

"Betul, saat ini yang bersangkutan masih dalam perawatan," kata Atok, Selasa (28/1).

Dia menambahkan, pasien tersebut kini dalam observasi di rawat di ruang isolasi khusus. Ia diketahui tiba dari Hong Kong pada Senin (27/1) lalu.

Usai dilakukan pengobatan, selang sehari kemudian kondisi pasien mulai stabil. Suhu pasien berangsur normal setelah mendapatkan perawatan.

"Panas awal saat datang 38,8 derajat celsius. Tapi sekarang sudah berangsur turun, batuk berkurang dan napas juga sudah mulai normal," tandasnya.

Meski demikian, pihaknya tetap mewaspadai segala kemungkinan yang terjadi. Sehingga pasien tersebut tetap dalam pengawasan dan ditempatkan di ruang isolasi khusus.

Dikonfirmasi mengenai obat apa yang diberikan, dokter Atok menjelaskan pengobatan dilakukan seperti pada umumnya untuk penyakit yang disebabkan oleh virus.

Selain itu pihak rumah sakit juga melakukan foto thorax untuk memastikan adanya virus Corona atau tidak. Karena meski kondisi membaik, dia mengaku tetap harus ada langkah-langkah kewaspadaan.

"Ini kan virus baru, jadi kita belum bisa membuat obat harus ada sampel virusnya dulu dan antidotnya dulu. Jadi untuk pasien ini sementara waktu kita berikan antibiotik, supaya tak ada lagi virus yang masuk," ujarnya. (mdk/cob)

Baca juga:
Wabah Virus Corona, Pemkot Bandung Tak Berencana Larang Turis Asal China
Virus Corona Sudah Sampai Indonesia?
Efek Virus Corona, Gubernur Bali Akui Kedatangan Wisatawan Asal China Menurun
Virus Corona Merebak, Imigrasi Belum Tolak WNA Masuk Indonesia
RSUD Karawang Siapkan Ruang Isolasi Tangani Pasien Corona
Data Terkini Jumlah Korban Virus Corona

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.