Pulau Saipan Bakal Saingi Bali, Ini Respons Dinas Pariwisata

Pulau Saipan Bakal Saingi Bali, Ini Respons Dinas Pariwisata
Pantai Kuta, Bali. ©Pixabay/jeniffertn
NEWS | 17 Agustus 2021 04:30 Reporter : Moh. Kadafi

Merdeka.com - Pulau Saipan di Kepulauan Mariana Utara, Samudera Pasifik Barat, disebut bakal menjadi pesaing Bali sebagai destinasi favorit turis Australia. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Putu Astawa menanggapi kabar itu sebagai hal wajar yang harus disikapi dengan peningkatan kualitas layanan.

"Kalau kita bicara ke depan pasti akan ada persaingan, walaupun tidak hanya dunia pariwisata saja, di sektor mana pun pasti akan bersaing," kata Astawa saat dihubungi Senin (16/8).

"Oleh karena itu, kita tidak boleh diam, harus juga senantiasa meningkatkan kualitas kepariwisataan kita. Bapak Gubernur sudah sangat intens sekali, kalau nanti sudah saatnya normal untuk menata pariwisata Bali menuju berkualitas," imbuhnya.

Ia menerangkan, penataan kualitas pariwisata sudah tertuang di Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2020 tentang Standar Penyelenggaraan Pariwisata. "Semua harus berstandar dan juga ada pergub tata kelola. Jadi, dengan meningkatkan daya saing, kita saya yakin kita masih tetap memiliki keunggulan dengan keunikan budaya kita," katanya.

Ia juga mengungkapkan, Pariwisata Bali memiliki keunikan sendiri di mata wisatawan asing. Yaitu, adat istiadat budaya dan keanekaragamannya serta keindahan alamnya.

"Bali ini kan mayoritas dengan agama Hindu dan adat istiadatnya, keanekaragaman budayanya, keunikan budayanya itu akan tetap menjadi keunggulan dan akan menjadi daya tarik. Di samping itu juga keindahan alam Bali," ungkapnya.

Astawa tidak khawatir dengan persaingan di dunia pariwisata, selama kualitas pariwisata di Pulau Bali ditingkatkan. Apalagi, menurutnya, warga Australia memiliki ikatan sosial dengan orang Bali. Salah satunya warga Australia tak jarang menikah dengan orang Bali.

Ia juga menyebutkan, dari data tahun 2019 wisatawan dari Australia yang berkunjung ke Bali mencapai 1.245.000 per tahun. "Kita, tidak hidup di dalam dunia tertutup, kita hidup di dalam dunia terbuka. Ini pasti harus siap menghadapi persaingan. Kalau (wisatawan) Australia per tahun sekitar 1.245.000," ujar Astawa.

Diketahui, Pulau Saipan disebut bakal menjadi pesaing Bali sebagai destinasi favorit turis Australia. Pulau Saipan yang dimiliki Amerika Serikat dapat ditempuh selama 6 jam dari Brisbane. Saipan kini memosisikan dirinya sebagai "Bali Baru" bagi warga Australia yang haus berwisata.

Dilaporkan The Australian, Saipan ingin segera membuka kembali gerbangnya dan secara khusus membidik turis Australia. Saipan berharap maskapai dari Australia mau mendarat di sana.

Gubernur pulau itu juga mendukung rencana maskapai baru, Marianas Pasific untuk terbang ke tujuan aman Covid-19, termasuk Australia. (mdk/yan)

Baca juga:
Ribuan Pelaku Usaha Wisata di Pangandaran Mulai Jalani Vaksinasi
Industri Pariwisata Indonesia Diyakini Segera Bangkit, Ini Pemicunya
Objek Wisata di Bali Diperkirakan Kembali Dibuka Akhir September
Menteri Sandiaga: Diaspora Punya Peran Penting Promosikan Wisata Indonesia
Menteri Sandiaga Prediksi Kunjungan Wisata Melonjak Usai PPKM
Sandiaga Uno Prediksi Lonjakan Wisatawan Setelah PPKM Dicabut

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami