Puluhan Botol Miras Asal Malaysia Hendak Diselundupkan Lewat Pelabuhan Nunukan

Puluhan Botol Miras Asal Malaysia Hendak Diselundupkan Lewat Pelabuhan Nunukan
PERISTIWA | 1 Desember 2018 02:04 Reporter : Saud Rosadi

Merdeka.com - Personel TNI Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 613 Raja Alam, menggagalkan penyelundupan 30 botol miras Malaysia, yang masuk melalui pelabuhan Tunon Taka, Nunukan, Kalimantan Utara. Kasus itu kini ditangani Polres Nunukan.

Penyelundupan itu digagalkan Selasa (27/11) malam, dari seorang warga yang sedang membawa miras itu, dan melintas di Jalan Pembangunan, Nunukan.

"Kita amankan yang membawa miras itu sekitar jam 8.30 malam," kata Dansatgas Pamtas RI - Malaysia Yonif Raider 613/Raja Alam, Letkol Inf Fardin Wardhana, dalam keterangan tertulis diterima merdeka.com, Jumat (30/11).

Fardin menerangkan, penangkapan memang berawal dari aduan masyarakat, yang sering menemukan adanya kegiatan bongkar muat miras ilegal, dari Tawau, Malaysia. "Kejadiannya di sekitar kawasan pelabuhan Tunon Taka," ujar Fardin.

Aktivitas bongkar muat di pelabuhan dan sekitarnya pun diawasi tim Satgas. Kecurigaan petugas terbukti, setelah melihat seorang warga mencurigakan, mengambil kardus berisi miras, di sekitar pintu gerbang pelabuhan.

"Pakai motor, warga itu jalan. Pas melintas di Jalan Pembangunan, tim melakukan pemeriksaan. Ya, ditemukan 30 botol miras dalam kardus, tanpa dokumen," terang Fardin.

"Jadi, dari pengakuannya, miras ilegal itu diantar ke seserang yang sudah menunggu. Dia ini tidak mengenal siapa yang menerima paket miras itu," tambahnya.

Tidak perlu menunggu lama. Botol miras itu langsung disita, dan diserahkan ke Polres Nunukan. "Ini pengungkapan dan penangkapan kesekian kalinya. Yang pasti, kami terus patroli dan lakukan pemeriksaan intensif di wilayah yang berpotensi terjadi penyelundupan barang ilegal di perbatasan Nunukan dengan Malaysia," kata dia. (mdk/gil)

Baca juga:
Jadi pabrik ciu beromzet Rp 200 juta, dua rumah di Bekasi digerebek polisi
Polisi temukan rumah produksi miras jenis ciu di Tangerang
Dalam sebulan, polisi amankan 4.172 botol & 4.530 liter miras di Indramayu
Bea Cukai Marunda musnahkan 2,2 juta rokok dan 2.245 botol miras ilegal
Pemusnahan rokok dan minuman keras ilegal senilai Rp 1,1 miliar
Bea Cukai Marunda musnahkan 2 juta batang rokok dan 2.245 miras ilegal
Usai tenggak miras tiruan, dua pemuda tewas di Tamansari

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami