Puluhan Jemaah Ijtima Dunia di Gowa Mulai Dikarantina

Puluhan Jemaah Ijtima Dunia di Gowa Mulai Dikarantina
PERISTIWA | 10 April 2020 20:04 Reporter : Eko Prasetya

Merdeka.com - Puluhan anggota jemaah tabligh di Gorontalo yang mengikuti kegiatan Ijtima Dunia Zona Asia 2020 di Gowa, Sulawesi Selatan beberapa pekan lalu mulai menjalani karantina pencegahan penularan Covid-19. Para jemaah tersebut sebelumnya telah menjalani rapid test yang dilakukan pemda kabupaten dan kota. Setelah itu diantarkan ke mess haji diterima oleh Pemprov Gorontalo.

Jemaah yang telah dikarantina di mess haji terdiri atas peserta dari Kota Gorontalo 18 orang, Kabupaten Bone Bolango dua orang, dan Kabupaten Gorontalo 51 orang. Namun, dua jemaah dari Kota Gorontalo menunjukkan hasil rapid test positif sehingga satu orang dibawa ke RS Aloei Saboe dan satu orang lagi tetap dikarantina di mess haji karena tidak menunjukkan gejala.

Pemprov menyiapkan Gedung Multazam di Mess Haji Gorontalo khusus untuk mengisolasi orang dengan hasil rapid test positif.

"Dari data kami, yang berangkat ke kegiatan ijtima di Gowa dari Gorontalo sekitar 300 orang. Nanti bupati dan wali kota yang akan menentukan siapa saja yang dikirim ke mess haji," kata Sekretaris Gugus Tugas yang juga Kepala BPBD Provinsi Gorontalo Sumarwoto usai meninjau kondisi di mess haji, seperti dilansir Antara, Jumat (10/4).

Ia mengemukakan fasilitas di mess memadai untuk karantina, yakni Hotel Mess terdiri atas sebanyak 120 kamar dengan 240 tempat tidur, serta tiga gedung lainnya yang masing-masing berkapasitas 294 tempat tidur.

Pemerintah daerah saat ini juga sedang melakukan "rapid test" terhadap keluarga jemaah yang positif, serta kepada orang yang sempat melakukan interaksi dengan pasien.

Korem 133 Nani Wartabone menempatkan 56 anggotanya untuk menjaga keamanan, serta membantu memelihara kebersihan di lokasi tersebut, demikian Sumarwoto. (mdk/eko)

Baca juga:
6 RS Rujukan Covid-19 di Kota Jayapura Rawat 24 Pasien Positif
Pasien Positif Virus Corona Sembuh di Sumbar Bertambah Menjadi 6 Orang
19.500 Orang Diperiksa Lewat Metode PCR Terkait Covid-19, 698.650 APD Telah Dibagikan
Seorang Warga Kediri Positif Corona Usai Bertemu Saudara yang Pulang dari Malaysia
Izin Status PSBB Bodebek Diputuskan Besok
20 Persen Masjid di Jakpus Masih Gelar Salat Jumat

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami