Puluhan Kades di Muba Dijemur Sebelum Dilantik, Tugas Pertama Bagikan Masker

Puluhan Kades di Muba Dijemur Sebelum Dilantik, Tugas Pertama Bagikan Masker
PERISTIWA | 22 April 2020 20:32 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Sebanyak 65 kepala desa (Kades) di 12 kecamatan di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan resmi dilantik. Usai dilantik, mereka menjalankan tugas pertama yakni membagikan masker kepada warga.

Pelantikan dilakukan di setiap kecamatan masing-masing oleh camat mewakili Bupati Muba Dodi Reza Alex, Rabu (22/4). Prosesi pelantikan digelar sederhana dan kades yang dilantik dilarang mengajak serta keluarga karena menghindari kerumunan.

Uniknya, para kades dijemur terlebih dahulu di lapangan terbuka sebelum dilantik. Ketika masuk ke lokasi, mereka juga menjalani pemeriksaan suhu tubuh, tensi darah, cuci tangan dan menggunakan masker.

Usai pelantikan, 65 kades itu melaksanakan tugas pertama yakni membagikan masker gratis kepada warga masing-masing. Hal itu sebagai wujud kepedulian pemerintah dalam menangani penularan dan penyebaran Covid-19.

Kepala Dinas PMD Muba Richard Cahyadi mengungkapkan, pihaknya sengaja menggelar pelantikan secara sederhana karena mematuhi protokol kesehatan dan instruksi pemerintah meminimalisir kerumunan. Proses pelantikan dibatasi jumlah tamu, mengenakan APD lengkap, menjaga jarak minimal satu meter.

"Kami sengaja gelar pelantikan di tempat terbuka dan sepi. Para kades dijemur dulu sebelum dilantik," ungkap Richard.

Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin meminta kades yang baru dilantik untuk melakukan percepatan pencegahan dan penanganan Covid-19 di desa masing-masing. Menurut dia, kades adalah ujung tombak pemerintahan di desa dalam mengatasi masalah ini.

"Karena itu saya instruksikan kepada mereka membagikan masker ke warganya setelah dilantik, itu kerja pertama mereka," ungkap Dodi.

Dodi mengimbau kades merangkul seluruh pihak di desa untuk terlibat dalam segala bidang. Di setiap desa harus ditetapkan wajib lapor 1x24 jam bagi seluruh pendatang.

"Perantau saya imbau tidak mudik lebaran tahun ini. Sosialisasikan imbauan ini ke perantau asal desa masing-masing," pungkasnya. (mdk/cob)

Baca juga:
25 Calon Kepala Desa di Rejang Lebong Tes Tertulis di Kantor Polisi
Tak Puas Hasil Pilkades, 10 Orang Jadi Tersangka Perusakan Rumah
Ledakan Bom Tas di Bengkulu Terkait Permasalahan Pilkades, Bukan Aksi Teroris
Jadi Tersangka Pencabulan, Kades Terpilih di Tobasa Dilantik dan Ditahan Lagi
Pilkades Pati jadi Ajang Judi, 23 Orang Ditangkap
Kades Meninggal Usai Dilantik, Bupati Bogor akan Gelar Pemilihan Lagi

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami