Puluhan Personel TNI Positif Corona, Pusdikpom Kodiklat AD di Cimahi Ditutup

Puluhan Personel TNI Positif Corona, Pusdikpom Kodiklat AD di Cimahi Ditutup
PERISTIWA | 10 Juli 2020 18:49 Reporter : Aksara Bebey

Merdeka.com - Penyebaran Covid-19 di lingkungan TNI wilayah Jawa Barat terus mengemuka. Terbaru, ada 99 personel yang bertugas di Pusdikpom Kodiklat AD dikabarkan terkonfirmasi positif corona dengan kategori orang tanpa gejala (OTG).

Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna mengatakan, kasus ini belum bisa dikatakan sebagai klaster baru di Provinsi Jawa Barat. 99 personel tersebut terdiri dari 74 personel dan 25 berstatus organik.

Ia mengaku sedang fokus untuk melakukan pelacakan sumber pertama. Selain itu, Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) terus berkoordinasi dengan Danpusdikpom untuk melaksanakan pengetesan secara masif.

"Awalnya (diketahui kasus positif) itu dari hasil swab test Jumat (3/7) minggu lalu, ternyata hasilnya mengejutkan," kata Ajay di Kota Cimahi, Jumat (10/7).

Ia memastikan bahwa puluhan personel di klaster Pusdikpom sedang melakukan isolasi. Kebijakan penutupan lingkungan sudah dilakukan dengan ketat.

"Tidak ada yang bisa keluar masuk," katanya.

Pengetesan masif dan isolasi ketat di wilayah tersebut tidak terlepas dari kekhawatirannya dengan potensi penyebaran hingga ke warga sekitar. Terlebih, klaster Covid-19 di lingkungan TNI saat ini menjadi sorotan setelah temuan kasus Secapa AD di Kota Bandung.

"Mudah-mudahan tidak bertambah lagi dan tidak jadi klaster baru. Di Cimahi ini kan banyak Pusdik, karena berangkat dari situ kami khawatir menjadikan klaster baru," ucap dia. (mdk/cob)

Baca juga:
Gugus Tugas Covid-19 Periksa Lokasi Aktivitas Perekonomian Sekitar Secapa AD
Besok, Kasad Andika Akan Sampaikan Langsung Kasus Covid-19 di Secapa TNI AD
Klaster Secapa TNI AD Sudah Terkendali, Masyarakat Diminta Tak Khawatir
Secapa TNI AD Klaster Baru, Emil & Panglima Tes Massal Puluhan Sekolah Vertikal
Wagub Jabar Sebut Area Secapa AD Bandung akan Disemprot Disinfektan Setiap Hari
Menhan Prabowo Perintahkan Prajurit TNI Tes Swab usai Secapa jadi Klaster Covid-19
Update Kasus Covid-19 Nasional 10 Juli: Bertambah 1.611, Total 72.347 Positif
Jubir Covid-19: Pasien Positif di Secapa & Cimahi Membaik, Keluhan Batuk Minimal

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami