Puluhan Rumah Warga Adat Baduy Terbakar

PERISTIWA | 12 September 2019 23:16 Reporter : Dwi Prasetya

Merdeka.com - Kebakaran melanda perkampungan suku adat baduy luar di Kampung Kadugede, Desa Kanekes, Kecamatan Lewidamar, Kabupaten Lebak, Banten. Akibat kebakaran tersebut sebanyak 60 Kepala Keluarga (KK) mengungsi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak, Kaprawi mengatakan, berdasarkan data sementara sebanyak 38 rumah warga baduy hangus terbakar. Jumlah tersebut diprediksi akan terus bertambah karena masih dalam tahap rekapitulasi meski api sudah dapat dipadamkan.

Selain rumah, ada sebanyak 20 lauit atau tempat penyimpanan padi milik warga baduy ikut terbakar. Beruntungnya dalam kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa. Kepala Desa untuk masyarakat baduy, Jaro Saija mengatakan, diperkirakan ada sebanyak 50 rumah hangus terbakar.

"Sementara yang kita catat 38 rumah yang diperkirakan bertambah dan ada 60 Kepala Keluarga mengungsi," kata Kaprawi saat dikonfirmasi, Kamis (12/9).

Dia mengungkapkan, bagi warga yang rumahnya terbakar sementara mengungsi ke rumah saudara dan menempati saung (gubuk) perkebunan. Pihaknya pun menyediakan posko pengungsian.

"Untuk persediaan makanan belum karena kita masih di lapangan, perintah bupati kita penyelamatan pertama dulu setelah itu kita hitung pasca nya dan menyiapkan makanan," ujarnya.

Hingga saat ini pihaknya belum mengetahui penyebab pasti kebakaran tersebut meski diduga akibat kayu bakar bekas memasak di dapur yang lupa dimatikan.

Baca juga:
Perkampungan Suku Baduy Kebakaran, 50 Rumah Adat Hangus Terbakar
Tower Tulip Kalibata City Kebakaran, Dua Orang Luka
Kondisi Kabut Asap Pekat Selimuti Pekanbaru
VIDEO: Kabut Asap Selimuti Tetangga Dekat Calon Ibu Kota Baru
Kompor Meledak, Pabrik Kerupuk Hingga Bengkel Mobil di Kalideres Ludes Terbakar
Pemandangan Wilayah Malaysia Diselimuti Kabut Asap dari Indonesia

(mdk/fik)

TOPIK TERKAIT