Pungli Sosialisasi Izin Lingkungan, Kades di Nganjuk Ditangkap Polisi

Pungli Sosialisasi Izin Lingkungan, Kades di Nganjuk Ditangkap Polisi
Ilustrasi borgol. ©2015 merdeka.com/arie basuki
NEWS | 15 Desember 2019 09:31 Reporter : Erwin Yohanes

Merdeka.com - Polres Nganjuk melakukan operasi tangkap tangan (OTT) kasus pungutan liar yang berkaitan dengan pengurusan permohonan sosialisasi kepada masyarakat Desa Gondang, Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk sebagai persyaratan untuk mengurus Izin lingkungan selanjutnya digunakan sebagai persyaratan izin operasi produksi.

OTT ini dilakukan Unit Tipikor Satuan Reskrim Polres Nganjuk di sebuah rumah makan di Kota Nganjuk. Uang tunai sebanyak Rp 19.700.000 dan bukti satu lembar surat permohonan kepada Kades Gondang disita petugas.

"Benar, telah dilakukan OTT terhadap seorang Kepala Desa di Nganjuk yang berkaitan dengan permohonan izin sosialisasi untuk persyaratan mengurus izin lingkungan," kata Kasubbag Humas Polres Nganjuk, AKP Sudarman dikonfirmasi Merdeka.com, Sabtu (14/12).

Operasi tangkap tangan ini dilakukan petugas Reskrim Polres Nganjuk pada Jumat (13/12) sekitar pukul 14.00 WIB. Selain uang dalam amplop, polisi juga mengamankan WN (30), Kades Gondang, Kecamatan Pace, Nganjuk.

Sudarman menjelaskan, OTT ini bermula dari informasi dari pengusaha tambang bahwa wilayah Desa Gondang, Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk akan dilewati jalur pengangkutan hasil tambang dari Desa Genjeng, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk.

Dengan adanya hal tersebut, pengusaha meminta izin kepada Kades Gondang untuk melakukan sosialisasi terhadap masyarakat yang terdampak terhadap kegiatan tersebut.

"Tetapi Kades tidak mengizinkan untuk sosialisasi kalau tidak diberi kompensasi sebesar Rp 100.000.000," jelas Sudarman.

Baca juga:
Terbukti Pungli Pengusaha, PNS Dinas ESDM Jatim Divonis 16 Bulan Penjara
Diduga Palak Petani yang Urus SKGR Tanah, Lurah di Pelalawan Jadi Tersangka
Buntut 2 Pegawai Kena OTT, Pejabat Disdukcapil Serang Diperiksa Inspektorat
Pejabat Disdukcapil Kota Serang Diperiksa Inspektorat Terkait Pungli e-KTP
Pungli KTP, Dua Pegawai Disdukcapil Kota Serang Terjaring OTT

Baca Selanjutnya: Selanjutnya disepakati untuk dibayarkan dua...

Halaman

(mdk/fik)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami