Pura-pura Ingin Berbisnis, Seorang Residivis di Sulut Bawa Kabur Mobil Korban

Pura-pura Ingin Berbisnis, Seorang Residivis di Sulut Bawa Kabur Mobil Korban
PERISTIWA | 24 Mei 2020 05:01 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah

Merdeka.com - Tim Khusus (Timsus) Maleo Polda Sulawesi Utara (Sulut) menangkap REK, pelaku dugaan penggelapan mobil yang juga merupakan residivis tindak pidana serupa. Selain pelaku, timsus juga mengamankan sejumlah barang bukti, seperti satu unit kendaraan roda empat, satu laptop dan tiga buah HP.

"Selain menangkap pelaku, juga mengamankan sejumlah barang bukti," kata Katimsus Maleo Kompol Prevly Maleo, dilansir Antara, Sabtu (23/5).

Dia mengatakan modus operandinya, pelaku datang ke rumah korban dengan berpura-pura menjalin hubungan bisnis, membeli tanah yang akan dijual oleh korban.

Setelah korban percaya bahwa pelaku akan melakukan jual beli tanah tersebut, tersangka meminjam kendaraan korban dengan alasan akan menarik uang dulu di bank.

1 dari 1 halaman

Selanjutnya pelaku langsung membawa kabur mobil korban. Terkait dengan kasus tersebut Timsus Maleo melakukan penyelidikan.

Hasil penyelidikan tersebut, mendapatkan informasi bahwa tersangka REK bersembunyi di salah satu hotel di wilayah Paniki, Kota Manado yang sebelumnya sempat bersembunyi di wilayah Tanawangko, Kabupaten Minahasa.

Mendapatkan informasi tersebut, Timsus Maleo dipimpin Ipda Fadhly langsung menuju tempat kejadian perkara (TKP) persembunyian dari pelaku. Benar saja, tersangka berada di tempat tersebut, sehingga dilakukan penangkapan terhadap pelaku.

Pelaku merupakan residivis tindak pidana serupa yang pernah diproses oleh Polresta Manado, dengan masa hukuman 1 tahun 4 bulan, dan baru bebas pada 8 Mei 2020.

Kendaraan tersebut rencananya oleh pelaku akan dijual di wilayah Paniki dengan harga Rp50 juta, namun sudah ditemukan terlebih dahulu oleh Timsus Maleo sebelum pelaku menemukan pembelinya. (mdk/ray)

Baca juga:
Modus Mau Beli Rumah, Mei Malah Bawa Kabur Motor Teman Lalu Digadai
Mantan Kades di Barito Kuala Ditangkap Karena Gelapkan Empat Mobil Rental
Terbelit Utang, Warga Tasik Tipu dan Gadaikan 7 Mobil Teman
Tipu Calon Suami, Wanita Ini Habiskan Uang Pernikahan Ratusan Juta untuk Liburan
Pejabat Pemprov Sumut Terbelit Penggelapan Mobil, Suami Diburu Polisi

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami