Pusing berat badan tak kunjung turun? Cobalah berpuasa

Pusing berat badan tak kunjung turun? Cobalah berpuasa
Ilustrasi obesitas. © thesun.co.uk
NEWS | 1 Juni 2017 20:00 Reporter : Desi Aditia Ningrum

Merdeka.com - Menjalankan ibadah puasa Ramadan hukumnya wajib bagi umat muslim. Dengan begitu, jika orang Islam tidak melaksanakan puasa akan dosa sehingga mendapat siksa di akhirat. Akan tetapi bila menunaikannya Allah SWT menjanjikan pahala.

Selain pahala, banyak keberkahan yang dapat diraih dari berpuasa, seperti dari segi kesehatan. Puasa bisa dijadikan sebagai pengobatan alami dari berbagai jenis penyakit. Karena ketika berpuasa terjadi proses pengeluaran zat-zat beracun di dalam tubuh secara menyeluruh.

Contoh dari salah satu penyakit yakni obesitas. Puasa secara efektif bisa membantu orang yang memiliki kegemukan berlebih (obesitas) menjadi menurun berat badan. Karena jumlah makanan yang dikonsumsi saat berpuasa lebih sedikit dibandingkan dengan hari biasa.

Demikian juga dengan lemak yang mengendap di dalam tubuh lebih sedikit ketika sedang berpuasa. Dikutip dari buku Dahsyatnya Puasa Wajib & sunah Rekomendasi Rasulullah tulisan Amirulloh Syarbini & Sumantri Jamhari, menjelaskan hal itu berlaku juga untuk hati.

Ketika puasa, hati bekerja mengonsumsi gula dan lemak yang tersimpan di dalam tubuh untuk diolah menjadi energi, yang dapat menutupi kekurangan energi pokok yang menggerakan organ-organ penting.

Berdasarkan hal itu, terjadi pengurangan besar-besaran kadar air yang tersimpan di dalam jaringan-jaringan tubuh. Ini merupakan faktor terbesar dalam pengurangan berat badan. Selain itu, sebenarnya saat berpuasa orang sedang berlatih mengatur makan dan mengurangi makan secara berlebihan. Dengan begitu dapat membantu memecahkan masalah berat badan berlebih.

Jadi tidak diragukan lagi bahwa puasa adalah obat diet terbaik dibandingkan dengan obat-obat lainnya. (mdk/ded)

Ngabuburit unik wisata religi Alquran raksasa di Palembang

Penyandang tunanetra isi Ramadan dengan tadarusan

Pedagang soal bahan pangan: Tahun lalu semua naik, sekarang nggak

Menjelang hari raya, Omesh ingin menjadi pahlawan di kampungnya

Merasakan puasa Ramadan di Kota Bangkok bareng Rina Mubal

Lantunan ayat Alquran di penjara antar Cinkiong jadi mualaf

Kisah Yeti tunanetra yang ingin khatam Alquran selama Ramadan

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami