Puting Beliung Hantam 3 Desa di Banyuasin, 82 Rumah Hancur

PERISTIWA | 14 November 2019 02:31 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Angin puting beliung menghantam tiga desa di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Akibatnya, 82 rumah rusak dan menyebabkan dua warga terluka.

Peristiwa itu melanda Desa Upang Jaya, Mekar Sari, dan Mukti Jaya. Semuanya berada di Kecamatan Muara Telang. Dari tiga desa itu, terdapat 10 rumah rusak total, 45 rusak berat, dan 25 rumah ringan.

Puting beliung tersebut terjadi bersamaan dengan hujan deras, Rabu (13/11) pukul 14.15 WIB. Pemilik rumah langsung menyelamatkan diri saat bencana terjadi sehingga tak ada korban jiwa.

"Tiga desa terjadi puting beliung, 82 rumah rusak, terparah di Desa Upang Jaya karena ada sepuluh rumah rusak total," ungkap Kabid Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Ansori.

Dikatakannya, tim gabungan tengah mengevakuasi para korban ke tempat lebih aman dan membersihkan puing-puing rumah. Hanya saja, petugas kesulitan menuju lokasi karena berada di pinggiran Sungai Musi.

BPBD dan pemerintah setempat juga segera menyalurkan bantuan untuk meringankan beban para korban. "Para korban mengungsi di balai desa dan keluarga. Kami akan bangun tenda untuk tempat tinggal sementara," kata dia.

Baca juga:
Angin Kencang Terjang Ngawi, Genting Rumah Beterbangan
Diterjang Hujan dan Angin Kencang, 9 Rumah di Ngawi Roboh
Puting Beliung Hingga Banjir Bandang Landa Perbatasan Aceh-Sumut
Angin Puting Beliung Terjang TPS Pilkades di Garut
Hujan Disertai Angin Kencang di Ngawi, Tenda Pameran di Alun-Alun Merdeka Roboh
Puluhan Rumah di Garut Rusak Diterjang Puting Beliung
Stadion Arcamanik Bandung Porak Poranda Diterjang Angin Kencang

(mdk/gil)