PWI Sebut Pentahelix Lawan Pandemi Covid-19 Sudah Berjalan di Media

PWI Sebut Pentahelix Lawan Pandemi Covid-19 Sudah Berjalan di Media
PERISTIWA | 29 Mei 2020 12:39 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Pemerintah mendorong berbagai pihak bekerja sama melawan Covid-19. Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Atal S Depari menegaskan media sudah menjalankan pentahelix lawan pandemi Covid-19 sejak wabah tersebut terdeteksi di Indonesia.

Ada dua pendekatan yang ditempuh media untuk melawan virus corona. Pertama mengedukasi masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat dan bersih melalui pemberitaan.

"Kita tahu bagaimana agresifnya media memberitakan tentang harus cuci tangan, harus menggunakan masker, hand sanitizer dan segalanya. Itu sangat agresif," jelas Atal dalam konferensi pers Pentahelix Lawan Pandemi yang disiarkan melalui Youtube BNPB, Jumat (29/5).

Di samping memberitakan hal positif, media tak kehilangan sikap kritisnya. Media tetap mengkritik penanganan Covid-19 yang tidak tepat.

Kedua,media menggalang donasi untuk masyarakat yang terdampak Covid-19. Penggalangan dana tidak hanya dilakukan di perkotaan tetapi sampai ke tingkat kabupaten.

"PWI sendiri dengan lembaga PWI peduli itu sibuk sampai ke daerah. Bagaimana mereka menggalang donasi untuk masyarakat maupun untuk wartawan. Jadi kalau aku bilang kolaborasi pentahelix sudah jalan di media," tegasnya. (mdk/rhm)

Baca juga:
Sumut Siapkan Kemungkinan 'New Normal', Ini 6 Fakta di Baliknya
Pemkot Bekasi Izinkan Kegiatan Berjemaah di Rumah Ibadah
4 Hari Berturut-turut, Tidak Ada Penambahan Kasus Positif Covid-19 di Riau
Golkar: Belum Ada Kajian yang Meyakinkan Pilkada 2020 Aman Digelar Desember
Antisipasi Lonjakan Korban Covid-19, Pemkot Bogor Siapkan Lahan Pemakaman Tambahan
Pagi Ini, Wisma Atlet Catat Rawat 685 Pasien Positif Covid-19, Berkurang 79 Orang

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Curhat Siswa Lulusan Tanpa Ujian Nasional

5