Rapat Bersama Menko PMK, Kepala BNPB Bahas Revisi UU Penanggulangan Bencana

Rapat Bersama Menko PMK, Kepala BNPB Bahas Revisi UU Penanggulangan Bencana
PERISTIWA | 10 Juli 2020 18:51 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Doni Monardo membahas revisi Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana bersama Menko PMK Muhadjir Effendy hari ini. Revisi UU tentang penanggulangan bencana merupakan inisiatif DPR.

"Initinya adalah membahas tentang surat inisiatif dari DPR untuk melakukan revisi terhadap Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007," kata Doni kepada wartawan, Jumat (10/7).

Dia menuturkan, revisi tersebut bertujuan untuk menguatkan BNPB. Hal tersebut dapat memudahkan BNPB menjalankan tugas ketika bencana melanda berbagai daerah.

"Oleh karenanya, BNPB perlu mendapatkan penguatan. Baik penguatan kelembagaan, termasuk akses terhadap kegiatan di seluruh daerah," ungkap Doni.

Menurut Doni, contohnya peran BNPB seperti sekarang dalam menghadapi pandemi Covid-19. "Sehingga dengan adanya revisi ini diharapkan ke depan apalah itu struktur kelembagaan, kemudian gelar kekuatannya, juga mungkin bisa ditingkatkan kemampuannya, termasuk juga kemudian akses dalam berbagai kegiatan itu, bisa dapat program prioritas," papar Doni.

Doni menambahkan pembahasan wacana revisi UU Penanggulangan Bencana akan kembali dilanjutkan pekan depan.

"Ada pembahasan untuk penyempurnaan sebelum selanjutnya nanti akan diserahkan kepada DPR RI sebagai jawaban pemerintah," tutupnya.

Reporter: Putu Merta Surya Putra (mdk/ray)

Baca juga:
Penampakan Banjir dan Longsor Melanda China
Kondisi Pusat Pengungsian Korban Banjir Jepang di Tengah Pandemi
Jenis-jenis Bencana Alam Beserta Pengertian, Penyebab, dan Langkah Mitigasinya
Curah Hujan Tingkat Tinggi, Arus Sungai di Jepang Meluap Dahsyat
162 Penambang Meninggal karena Longsor di Tambang Batu Giok Myanmar

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami