Rapat dengan DPR, Bapeten Dicecar Soal Asal Usul Radiasi Radioaktif di Tangsel

Rapat dengan DPR, Bapeten Dicecar Soal Asal Usul Radiasi Radioaktif di Tangsel
Kepala Batan dan Kepala Bapeten rapat di DPR. ©Liputan6.com/Johan Tallo
PERISTIWA | 20 Februari 2020 16:50 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Kepala Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) Jazi Eko Istiyanto dicecar Komisi VII DPR soal asal usul paparan radiasi di lahan kosong Perumahan Batan Indah, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan.

Jazi belum memastikan asal usul radiasi radioaktif. Apakah betul-betul ada kesengajaan dibuang seseorang. Dia menjelaskan, masih mengecek data siapa yang menggunakan cesium 137. Menurut Jazi, asal usul radioaktif itu bisa saja karena ada yang membuang di daerah itu.

"Kita enggak tahu cara menerangkan ini, karena bisa saja dari orang yang membuang di situ. Kita punya data, kalau datanya Bapeten itu impornya siapa saja yang impor, kemudian yang punya izin siapa, kemudian yang menglimbahkan ke TL siapa. Kemudian kita akan lakukan akuntansi," jelasnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/2).

Menurut Jazi, jika ditemukan akuntansi yang tidak balance bisa saja barang selundupan yang dibuang. "Kalau akuntansinya tidak balance. Berarti ada salah satu pemegang izin itu yang membuang. Tapi kalau akuntansinya balance, berarti itu hasil penyelundupan," ucapnya.

Baca Selanjutnya: azi juga ditanya oleh anggota...

Halaman

(mdk/ray)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami