Rapat terbatas, Jokowi evaluasi otonomi khusus Papua dan Papua Barat

PERISTIWA | 12 Maret 2015 16:23 Reporter : Muhammad Sholeh

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas di Kantor Istana Kepresidenan. Rapat yang dimulai pada pukul 16.00 WIB itu membahas tentang evaluasi kebijakan otonomi khusus wilayah Papua dan Papua Barat.

"Silakan Pak Menteri Menko Polhukam untuk menyampaikan hasil evaluasi kebijakan otonomi khusus Papua dan Papua Barat," kata Jokowi saat membuka rapat di Kantor Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (12/3).

Dalam rapat kali, Jokowi didampingi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Kemudian Menteri Koordinator Polhukam, Kepala BIN, Menkum HAM, Wakapolri dan lainnya. Otonomi khusus itu menyangkut pertimbangan aspek pertahanan, keamanan, kedaulatan, keuangan, sosial, politik dan hukum serta aspek yang lain.

Revisi Undang-undang Otonomi Khusus Papua yang sedang dibahas oleh pemerintah pusat, tim Papua dan Papua Barat masih menimbulkan pro dan kontra di masyarakat Papua. Perbaikan UU Otonomi khusus nomor 21 tahun 2001 tentang Papua sejauh ini telah memasuki tahap akhir dan siap dibahas di DPR lebih lanjut.

(mdk/rnd)