Rapid Test, 50 Wisatawan Puncak Reaktif

Rapid Test, 50 Wisatawan Puncak Reaktif
PERISTIWA | 29 Oktober 2020 15:17 Reporter : Rasyid Ali

Merdeka.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor telah merampungkan rapid test (tes cepat) pada wisatawan di kawasan Puncak, Rabu (29/10). Hasilnya, 50 orang dinyatakan reaktif.

"Dari 1.000 Rapid Tes Kit yang kita sediakan, ada 50 wisatawan luar Bogor yang dinyatakan reaktif. Di Telaga Warna ada 24 orang reaktif, kemudian 13 orang dari pos Gadog dan 13 orang tes di kantor Kecamatan Megamendung," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Mike Kaltarina.

Petugas kemudian melarang 50 wisatawan tersebut melanjutkan perjalanan dan diminta pulang untuk melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing. Sebelum itu, mereka pun pun menjalani swab test (tes swab) di tempat.

"Yang reaktif itu, kita swab langsung ditempat. Nanti, hasilnya kita sampaikan jika sudah keluar dari laboratorium. Terpenting pendataannya sudah kita lakukan, baik nama dan tempat tinggalnya," kata Mike.

Jika ada yang dinyatakan positif, Mike memastikan untuk berkoordinasi dengan pemerintah daerah asal wisatawan tersebut untuk ditindaklanjuti pemerintah daerah masing-masing.

"Kalau mereka adalah warga kita, langsung akan kita lakukan tracing bersama Satgas Covid-19 Kecamatan untuk selanjutnya kita tangani," tutupnya. (mdk/lia)

Baca juga:
54 Tempat Wisata di Jawa Barat Gelar Rapid Test Covid-19 Selama Libur Panjang
Rapid Test Massal di Puncak Bogor, 17 Orang Reaktif Diminta Balik Arah
Liburan ke Puncak, Wisatawan Wajib Rapid Test Covid-19
Pemprov Jabar Bantu 2.000 Alat Rapid Test untuk Cek Wisatawan Puncak Bogor
Bima Arya Siapkan 3.000 Alat Rapid Test untuk Wisatawan yang Berlibur ke Bogor
Jelang Libur Panjang, Pemkab Bogor Siapkan Rapid Test Massal di Puncak

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami