Rapid Test di Kota Serang, Satu Orang Reaktif Covid-19

Rapid Test di Kota Serang, Satu Orang Reaktif Covid-19
PERISTIWA | 3 Juni 2020 13:57 Reporter : Dwi Prasetya

Merdeka.com - Tim gugus tugas Covid 19 Provinsi Banten melakukan rapid test di Stadion Maulana Yusuf, Kota Serang, Rabu (3/6). Hasil sementara dalam rapid test tersebut diketahui satu orang terkonfirmasi reaktif Covid-19.

Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten Mahmud mengatakan, rapid test drive thru ini dilakukan sebagai upaya untuk memetakan virus Corona di Kota Serang. Sehingga akan lebih mudah memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Tadi dari pantauan ada satu orang yang reaktif. Setelah semua hasilnya kami akan lakukan edukasi bagi yang reaktif, lalu akan dilakukan PCR Swab kemudian harinya," katanya.

Mahmud mengatakan, warga Kota Serang cukup antusias dalam mengikuti rapid test tersebut. Hal itu diketahui ada 1.000 orang per hari yang mendaftar online untuk mengikuti rapid test.

Untuk di Kota Serang sendiri, kata dia, kegiatan rapid test drive thru akan dilakukan selama tiga hari. Per harinya, tim gugus tugas Covid-19 menyediakan 1.000 sampai 1.250 alat rapid test secara gratis untuk masyarakat.

"Untuk di Kota Serang kami akan laksanakan tanggal 3,4,5. Selama tiga hari, masing-masing targetnya 1.000 orang," ujarnya.

Mahmud menjelaskan, hasil rapid test akan diketahui dengan waktu 15 menit. Namun berdasarkan konsep drive thru, warga yang telah di test akan diinformasikan melalui pesan singkat apabila negatif. Tetapi, untuk yang reaktif akan ditelepon langsung oleh tim gugus tugas guna dilakukan Swab PCR.

"Sebenarnya untuk rapid test sendiri 15 menit sudah ketahuan, tapi inikan drive thru. Jadi nanti kami infokan secara WhatsApp blas ketika non reaktif, tapi kalau reaktif akan kami telepon langsung dan ditetapkan keesokan harinya untuk test PCR," ujarnya.

Untuk diketahui, kasus warga yang terinfeksi virus Corona atau Covid-19 di Kota Serang mengalami tren kenaikan. Sebab saat ini wilayah Kota Serang dikategorikan sebagai zona orange atas Covid 19.

Hingga kini jumlah total warga Kota Serang yang terinfeksi virus Corona sebanyak 12 orang. Diantaranya 4 orang masih dalam perawatan, 7 orang sudah sembuh dan 1 meninggal dunia.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 40 orang. Di antaranya, 10 orang masih dalam perawatan tenaga kesehatan, 27 orang sudah sembuh dan 3 orang meninggal. Sedangkan, Orang Dalam Pengawasan (ODP) berjumlah 344 orang. 16 diantaranya masih dalam pemantauan, 328 sudah pasca pemantauan. (mdk/gil)

Baca juga:
MUI DKI Terbitkan Fatwa Salat Jumat di Masa Pandemi Covid-19 Boleh 2 Gelombang
AHY Apresiasi Kerja Wali Kota Tegal Tangani Pandemi Covid-19 di Wilayahnya
Kapolri Minta Seluruh Personel Kawal Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19
Ada Warga Positif Covid-19, Desa di Majalengka Diminta Karantina Mandiri 14 Hari
Semua Pasien Covid-19 di Kabupaten Siak Sudah Sembuh

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Curhat Siswa Lulusan Tanpa Ujian Nasional

5