Rapid Test di Pasar, Delapan Pedagang di Lubuklinggau Reaktif Covid-19

Rapid Test di Pasar, Delapan Pedagang di Lubuklinggau Reaktif Covid-19
PERISTIWA | 18 Mei 2020 03:05 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Pemerintah Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, rapid test massa di tempat umum, yakni di dua pasar tradisional. Hasilnya, delapan orang pedagang reaktif Covid-19.

Rapid test digelar di Pasar Inpres dan Pasar Satelit Lubuklinggau, Sabtu (16/5). Petugas mengambil 231 sampel secara acak baik dari pedagang maupun pengunjung. Hasilnya delapan pedagang reaktif dan dilanjutkan pemeriksaan swab.

Walikota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe memastikan ke delapan pedagang itu telah diisolasi di Rumah Sehat Covid-19 yang didirikan pemerintah setempat dan jika dinyatakan positif akan menjalani perawatan di rumah sakit.

"Kemarin kita lakukan rapid tes di dua pasar, dari 231 sampel diambil, delapan sampel reaktif Covid-19," ungkap Prana, Minggu (17/5).

Menurut dia, rapid test akan rutin dilakukan karena kota itu sudah menjadi zona merah penyebaran Covid-19. Hingga saat ini terdapat 45 kasus positif dan mayoritas berasal dari tenaga kesehatan.

"Kami akan tingkatkan pemeriksaan di tempat-tempat publik agar bisa segera ditangani," kata dia.

Sementara orang-orang yang sempat kontak langsung dengan pasien positif, Prana telah memerintahkan petugasnya untuk melakukan tracing. Masyarakat juga diimbau melapor ke petugas jika merasa berkontak baik mengalami keluhan kesehatan atau tidak.

"Kami ingin di Lubuklinggau bisa diputus mata rantainya," ucapnya. (mdk/noe)

Baca juga:
DPRD DIY Desak Pemda Gelar Rapid Test Covid-19 di Pusat Keramaian
Alasan Rapid Test Butuh Pemeriksaan Lanjutan Terkait Pandemi Covid-19
Pernah Kontak dengan Pasien Covid-19, 7 Pedagang Sapi di Kupang Malah Ditolak RS
Jabar Klaim Punya Alat Baru Pendeteksi Virus, Lebih Akurat dan Murah
1 Pasien Corona di Kupang Meninggal Dunia, Keluarga Jalani Rapid Test

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami