Rasio Ketersediaan Kasur Rumah Sakit di Kabupaten Purbalingga Rendah

Rasio Ketersediaan Kasur Rumah Sakit di Kabupaten Purbalingga Rendah
PERISTIWA | 15 September 2020 09:45 Reporter : Abdul Aziz

Merdeka.com - Rasio ketersediaan kasur atau tempat tidur di rumah sakit Kabupaten Purbalingga masih rendah. Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan idealnya sesuai jumlah penduduk di Purbalingga yang hampir 1 juta jiwa, ketersediaan jumlah tempat tidur sebanyak 1000 kasur.

Namun kenyataannya, jumlah kasur di seluruh rumah sakit Kabupaten Purbalingga baru 660 kasur.

"Dari jumlah tempat tidur di rumah sakit pemerintah maupun rumah sakit swasta di Purbalingga baru tersedia 660 kasur. Jika jumlah penduduk Kabupaten Purbalingga hampir satu juta, maka idealnya harus ada 1000 kasur," kata Dyah saat meresmikan beroperasinya Rumah Sakit Islam (RSI) At-Tin Husada di Kalimanah, Senin (14/9).

Dyah berharap, dengan diresmikannya RSI At-Tin Husada akan mengurangi kekurangan kasur rumah sakit di Purbalingga. RSI At-Tin Husada juga ia harapkan dapat bersinergi untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Purbalingga dan dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat Kabupaten Purbalingga dalam meningkatkan derajat kesehatan.

Pasalnya, Pemkab Purbalingga saat ini terus berupaya meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Salah satu indikatornya adalah kesehatan.

"Saya yakin apapun visi-misi kita itu sama, bagaimana kita bisa menolong masyarakat Purbalingga yang sedang sakit, bagaimana kita bisa memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada seluruh warga masyarakat Purbalingga," katanya.

Pemilik RSI At-Tin Husada Purbalingga, Sri Yatin menjelaskan rumah sakit At-Tin Husada akan memberikan pelayanan IGD 24 jam. Saat ini di Rs tersebut terdapat ruang rawat inap dengan kapasitas 110 kasur dengan kelas pelayanan VVIP, VIP, kelas 1,2 dan kelas 3.

Selain itu, kelengkapan sebagai rumah sakit tipe C sudah disediakan seperti ruang IGD, ruang operasi serta peralatan medis.

"Kami sudah ada kamar isolasi, kamar operasi, ICU, HCU, radiologi serta alat CT Scan dengan 23 slide yang akan terus di upgrade. Ke depan dilengkapi untuk pelayanan cuci darah atau Hemodialisa (HD)," ungkap Atin. (mdk/ded)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami