Ratusan Rumah di Bandung Terendam Banjir

Ratusan Rumah di Bandung Terendam Banjir
PERISTIWA | 25 Januari 2020 20:35 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - Sebanyak 400 unit rumah di perumahan mewah terdampak banjir yang melanda RW 8 Kelurahan Rancabolang, Komplek Adipura, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, sejak Jumat (24/1) sore. Banjir lebih dominan merendam jalan yang berada di depan, sementara bagian dalam rumah ada yang terendam dan ada yang tidak.

"Kemarin malam yang paling parah, banjirnya setinggi lutut orang dewasa. Kalau sekarang mulai surut, ketinggian nya 30-60 centimeter," kata Ketua RW 8, Oping Arifin seperti dilansir dari Antara, Sabtu (25/1).

Menurutnya banjir tersebut bukan merupakan yang pertama kali terjadi di kawasan rumahnya. Namun, dia mengungkapkan, kali ini merupakan banjir terparah yang pernah terjadi.

Salah seorang warga, Irwan (43) mengatakan, sebagian warga ada yang mengungsi ke masjid. Menurutnya masjid di kawasan tersebut lebih tinggi daripada permukiman warga, maka dari itu dijadikan tempat pengungsian sementara.

"Kalau di dalam rumahnya sudah sampai selutut, penghuninya langsung mengungsi ke masjid. Karena ada listrik juga di rumah, jadi bisa berbahaya," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Sementara itu, menurut Irwan, penyebab banjir masih simpang siur. Selain hujan deras yang menyebabkan tingginya debit air, banyak warga yang menyebut banjir disebabkan oleh faktor lain.

"Penyebabnya masih simpang siur, katanya ada sungai yang terhambat di Cinambo, katanya karena ada proyek kereta cepat juga," terangnya.

Sementara itu, Kabid Kesiapsiagaan, Pemadaman dan Penyelamatan Diskar PB Kota Bandung, Yusuf Hidayat mengatakan pihaknya sudah menyiapkan dua perahu karet untuk membantu evakuasi warga.

"Perahu ada dua unit, bantuan Dinsos dan Dinkes melalui puskesmas setempat dan unsur kewilayahan. Dan juga Dinas PU melakukan penyedotan air minimalisir genangan air," kata Yusuf. (mdk/fik)

Baca juga:
6 Sekolah, 3.744 Rumah dan 20 Tempat Ibadah di Bandung Terendam Banjir
Banjir Bandang di Malang Seret Lima Sepeda Motor
Desa Cileuksa Bogor Paling Parah Terdampak Banjir Bandang, Pengungsi Capai 4.174 jiwa
Data BNPB: Bencana Alam di Awal 2020 Renggut Nyawa 80 Orang
Usai Longsor & Banjir, Perbaikan Infrastruktur di Bogor Tidak Cukup 1 Tahun
Korban Jembatan Putus di Kaur Bengkulu Bertambah Menjadi 10 Orang

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami