Ratusan Rumah Rusak Akibat Gempa Magnitudo 6.8 di Morotai

Ratusan Rumah Rusak Akibat Gempa Magnitudo 6.8 di Morotai
PERISTIWA | 5 Juni 2020 10:03 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Ratusan rumah rusak akibat guncangan gempa magnitudo 6,8 yang terjadi kemarin sore (4/6) di Kabupaten Kepulauan Morotai. Rumah rusak tersebut tersebar di 6 kecamatan, yakni Kecamatan Morotai Selatan, Morotai Timur, Morotai Utara, Morotai Jaya, Morotai Selatan Barat dan Pulau Rao.

Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB melaporkan total rumah rusak berjumlah 128 unit. Rinciannya, 99 unit rumah rusak ringan (RR), 18 unit rumah rusak sedang (RS) dan 11 unit rumah rusak berat (RB).

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati mengatakan BPBD Kabupaten Kepulauan Morotai mencatat tidak ada korban jiwa akibat gempa yang terjadi pada pukul 15.49 WIB. BPBD setempat melaporkan pascagempa terjadi evakuasi warga.

"Masih terdapat masyarakat yang bertahan di dataran ketinggian atau di rumah saudara karena trauma," ujarnya, Jumat (5/6).

Sesaat setelah gempa, Tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Kepulauan Morotai dan instansi terkait melakukan penanganan darurat, seperti memastikan pertolongan korban dan pendataan kerusakan. Saat ini masih terus dilakukan pendataan di lapangan.

BMKG mengkoreksi parameter gempa yang sebelumnya berkekuatan M 7,1 menjadi M 6,8. Gempa yang terjadi pada kedalaman 111 km berada pada 99 km arah utara Kota Daruba, Pulau Morotai, Maluku Utara.

Guncangan gempa tersebut dirasakan sedang oleh warga Kota Ternate selama 2-3 detik di Kota Ternate, sedangkan di Kabupaten Halmahera Barat lemah selama 2-3 detik. (mdk/ray)

Baca juga:
Gempa Magnitudo 6,8 Guncang Morotai, Tak Berpotensi Tsunami
Tiga Rumah Rusak Berat Akibat Gempa Tektonik 4,8 Magnitudo di Sabang Aceh
Gempa Magnitudo 4.8 Guncang Aceh, Timbulkan Kerusakan di Sabang
Sempat Rusak Karena Gempa Jogja 14 Tahun Lalu, Ini 5 Fakta Menarik Candi Plaosan
Pejabat Pemkab Buleleng Berhamburan Keluar Ruangan Saat Gempa

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Agar Jiwa Tak Terguncang Karena Corona

5