Ratusan Santri dan WNI di Turki Dipulangkan

Ratusan Santri dan WNI di Turki Dipulangkan
PERISTIWA | 4 Juli 2020 09:48 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Sebanyak 227 warga negara Indonesia yang terdampak pandemi Covid-19 di Turki, dipulangkan dengan difasilitasi oleh KJRI Istanbul. Mereka dijadwalkan tiba pukul 17.35 WIB, Sabtu (4/7).

"Para WNI ini memanfaatkan penerbangan reguler Turkish Airlines (TK-56) ke Jakarta," tulis siaran pers resmi KJRI Istanbul diterima.

Dari total 227 dari WNI yang mengikuti program repatriasi mandiri, 224 santri pesantren Sulemaniyah di Istanbul yang telah menyelesaikan pendidikannya dan tertunda kepulangannya sejak bulan April 2020.

Sisanya, satu orang adalah Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan 2 WNI yang terdampar di Istanbul karena pembatalan penerbangan lanjutan dari Frankfurt.

KJRI Istanbul mendata, sebanyak 67 orang penumpang berasal dari Jawa Barat dan Jawa Tengah. Selain itu, 45 penumpang dari Jawa Tengah dan Aceh, 19 orang dari Sumatera Utara dan selebihnya dari wilayah di Kalimantan, Riau dan NTB.

"Perlindungan WNI merupakan prioritas utama diplomasi Indonesia, apalagi di tengah kondisi pandemi Covid-19," kata Konjen RI Istanbul, Imam As’ari, saat memantau langsung proses tersebut.

Konjen Imam menambahkan, KJRI Istanbul menyampaikan terima kasih atas dukungan kerja sama Pengurus Pesantren Sulemaniyah, pihak-pihak dan otoritas terkait proses repatriasi mandiri kali ini dapat terlaksana dengan baik.

Baca Selanjutnya: Sebagai informasi salah satu syarat...

Halaman

(mdk/rnd)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami