Ratusan Warga Solo Antre Daftar Bansos Produktif Tahap II

Ratusan Warga Solo Antre Daftar Bansos Produktif Tahap II
PERISTIWA | 12 Agustus 2020 12:17 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Ratusan warga Kota Solo, sejak pukul 06.00 WIB antre di depan kantor Dinas Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Antrean bahkan mengular hingga sekitar 200 meter di Jalan Yosudipuro, depan Solo Paragon Mal.

Ratusan warga tersebut hendak mendaftar permohonan pengajuan bantuan sosial produktif tahap II. Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp 2,4 juta bagi pelaku UMKM tersebut mulai dibuka Senin-Junat (10-14/8).

Kepala Dinas Koperasi (Dinkop) UMKM Solo, Heri Purwoko mengatakan, pelaku UMKM Solo sejak Senin kemarin sudah bisa mengajukan permohonan bantuan sosial produktif tahap II ke Dinas Koperasi UMKM Solo, Jalan Yosodipuro Nomor 162, Kelurahan Mangkubumen, Kecamatan Banjarsari.

"Kita buka pelayanan sejak kemarin pukul 08.00 sampai 15.00 WIB. Formulir pendaftaran bisa diunduh di situs dinkop.surakarta.go.id," ujar Heri, Rabu (12/8).

Pendaftar diharap mengisi formulir lengkap dan kemudian diserahkan ke Dinkop UMKM Solo. Bantuan sosial produktif itu didasarkan pada Surat Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor 307/SM/VIII/2020.

"Jadi nanti setiap pelaku UMKM di Solo yang lolos administrasi akan mendapatkan uang tunai Rp 2,4 juta," katanya.

Bantuan ini, dikatakan Heri, langsung dari Presiden Joko Widodo sebagai subsidi dampak pandemi Covid-19.

Menurutnya, peserta diwajibkan melengkapi persyaratan. Diantaranya memiliki usaha mikro, nasabah perbankan BUMN yang memiliki simpanan di bawah Rp 2 juta, KK, KTP, fotokopi Buku Rekening Bank sesuai dengan nama pemohon. Pelaku UMKM juga harus menyerahkan fotokopi printout dari bank per Juli 2020, nominal saldo di bawah Rp 2 juta, fotokopi izin usaha mikro (IUMK) atau surat domisili usaha dari kelurahan, dan foto produk atau foto usaha.

"Dua hari kami buka pendaftaran sudah ada ratusan pelaku UMKM yang mendaftar. Untuk tahap I awal Agustus lalu yang mendaftar ada sebanyakn 1.030 orang," tandasnya. (mdk/fik)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami